Selidiki Kasus Minyak CPO Tumpah

Kapolres Dumai Akan Lakukan Gelar Perkara

Kapolres Dumai Akan Lakukan Gelar Perkara
minyak tumpah

Riauaktual.com - Telah terjadi pencemaran air laut akibat tumpahan minyak Crude Palm Oil (CPO) di pelabuhan Dermaga PT Pelindo Dumai milik PT Naga Mas saat proses loading muat ke kapal, Sabtu (25/3) .

Kapolres Dumai, AKBP Donal Happy Ginting menjelaskan, kejadiannya terjadi pada saat perusahaan Naga Mas melakukan pelaksanaan loading muat minyak CPO ke kapal MT.Ark Progress yang berbendera India.

"Ini sudah berlangsung sejak hari Jumat tanggal 24 Maret 2017 lalu dengan volume muat sebesar 4.000 ton, nah karena belum selesai, maka dilanjutkan lagi pada hari ini," ujarnya, dilansir dari riaubookcom kemarin.

Diketahui, penanggung jawab pelaksanaan loading pada hari ini atas nama Dedi dan Bambang. Pada saat pelaksanaan loading muat akan berakhir sekitar pukul 11.42 WIB, pihak perusahaan dari PT Naga Mas melakukan pembersihan pipa hubung yang digunakan untuk penyaluran minyak CPO ke kapal dengan cara melakukan penembakan tekanan angin ke dalam pipa.

Pada saat ditembakan dengan tekanan tinggi pada pipa penghubung yang saat itu masih tersalur ke dalam tangki kapal, namun pihak dari kapal tidak menutup lubang utama yang berada di atas kapal. Akibatnya minyak CPO yang berada di dalam tangki tampung kapal tersembur ke luar sehingga cemari air.

"Minyak CPO yang bersemburan ke laut tersebut diperkirakan sebanyak 100 Kg. Namun, pihak dari PT Naga Mas dengan menggunakan pompong nelayan berusaha membersihkan tumpahan minyak tersebut memakai serok, yang berlangsung hingga 3 jam," imbuhnya.

Saat ini, minyak CPO yang tertumpah ke laut tersebut untuk di sekitar pelabuhan PT Pelindo Dumai sudah tidak terlihat lagi. Selain itu, sejumlah saksi sudah dimintai keterangan dan mengambil barang bukti. "Terkait hal ini, akan kita lakukan gelar perkara nantinya," tutup Kapolres.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index