Menteri Susi masuk kandidat gubernur Jawa Barat

Menteri Susi masuk kandidat gubernur Jawa Barat
Menteri Susi

Riauaktual.com -  Nama Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, dan Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa muncul dalam survei Indo Barometer,  “Permasalahan Jawa Barat dan Peluang Calon Gubernur 2018”.

"Apabila pemilihan gubernur dilakukan hari ini, muncul nama Bu Menteri Susi. Ada yakni dengan persentase keterpilihan (elektabilitasnya) hanya 1,5 persen," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari di Bandung, Kamis kemarin, sebagaimana dikutip dari Antara.

Qodari menuturkan nama Susi Pudjiastuti masuk dalam 14 nama kandidat calon gubernur Jawa Barat 2018 bersama calon lain seperti Ridwan Kamil (22 persen). Kemudian disusul Deddy Mizwar (14,1 persen), Dede Yusuf Macan Efendi (11,8 persen), Dedi Mulyadi (7,3 persen), Rieke Diah Pitaloka (2,4 persen), Desy Ratnasari( 1,8 persen), UU Ruzhanul Ulum (1,5 persen).

Ada juga Wali Kota Bogor Bima Arya (1,4 persen), Tubagus Hasanuddin (0,6 persen), Netty Prasetyani Heryawan (0,3 persen), Nurul Arifin (0,1 persen), dan Maman Imanul Haq (0,1 persen).

Mengenai sosok Iwa Karniwa, menurut Qodari masuk dalam delapan nama kandidat calon wakil gubernur Jawa Barat 2018 dengan tingkat keterpilihan atau elektabilitas mencapai 0,6 persen.

"Dari simulasi tertutup delapan nama calon wakil gubernur, Rieke Diah Pitaloka adalah nama calon wakil yang banyak dipilih (14 persen)," kata dia.

"Ternyata dalam simulasi tertutup cawagub Jabar 2018 muncul nama dari kalangan birokrat yakni Iwa Karniwa yang saat ini menjabat sebagai Sekda Jawa Barat," kata dia.

Survei Jawa Barat oleh Indo Barometer ini dilaksanakan wilayah Jawa Barat yang meliputi 27 kabupaten/kota. Dilaksanakan pada 27 Februari hingga 7 Maret 2017 dengan jumlah responden 800 orang dan margin of error sebesar kurang lebih 3,46 persen pada tingkat kepercayaan sebanyak 95 persen.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index