Wabup Buka Sosialisasi Program JKN-KIS BPJS Kesehatan

Wabup Buka Sosialisasi Program JKN-KIS BPJS Kesehatan
Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri M.Si secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi Program JKN -KIS BPJS Kesehatan.

Riauaktual.com - Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri M.Si secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi Program JKN -KIS BPJS Kesehatan kepada perwakilan Pegawai Negri Sipil di Kabupaten Siak yang dilaksanakan di Ruang Rapat Raja Indra Pahlawan, Rabu (22/3).

BPJS Kesehatan telah menjalankan mandat yang diberikan dalam upaya pemberian pelayanan kepada peserta ataupun masyarakat dengan melakukan berbagai penyempurnaan mekanisme dalam pemberian pelayanan kesehatan. Mekanisme pemberian informasi oleh BPJS Kesehatan kepada pihak eksternal dilakukan dengan cara antara lain melalui sosialisasi langsung kepada peserta dan masyarakat.

"Alhamdulillah, kami diberikan kesempatan bisa langsung bertatap muka dengan para peserta yang terdiri dari Pegawai Aparatur Sipil Negeri di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak. Ini bagian dari tugas kami untuk menjelaskan terkait Program Jaminan Kesehatan Nasional. Kami sangat menyadari bahwa program ini masih tergolong program baru, walaupun ini bukan program yang baru bagi pegawai Negri Sipil tetapi begitu diintegrasikan ke dalam sebuah program Jaminan Kesehatan Nasional untuk kemudian ada beberapa perubahan yang memang baru dilakukan pada 1 januari 2014 yang lalu," ungkap Kepala BPJS Cabang Dumai, Adi Siswandi.

Adi juga menjelaskan, program ini harus diintegrasikan serta adanya perubahan yang baru dilakukan. Komitnya Pemerintah Daerah Kabupaten Siak terhadap layanan kesehatan kepada masyarakat sesuai dengan apa yang telah ada pada program BPJS, sangat diharapkan.

"Secara umum program ini telah memberikan manfaat kepada masyarakat. Kami berharap dalam kegiatan ini para peserta memberikan masukan serta saran untuk kemudian kami akan mencarikan solusi jalan keluar dan memberikan langkah terbaik untuk menyelesaikannya," ujarnya.

Sementara, Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri mengatakan, Pemerintah Kabupaten Siak sangat menyambut baik terhadap Sosialisasi yang diberikan oleh BPJS kepada perwakilan Pegawai Negri Sipil di Kabupaten Siak. Apalagi tentang beberapa perbaikan informasi yang akan diberikan oleh BPJS serta menyangkut tentang Pegawai Aparatur Negri Sipil yang belum ikut terdaftar.

"Kami menyambut baik kegiatan ini. Sebab kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Ini sudah menjadi komitmen pemkab siak untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," ujar Wabup.

Dia juga mengatakan, komitmen meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat diwujudkan Pemkab Siak dengan memberikan pelayanan gratis kepada masyarakat. Tetapi dikarenakan adanya peraturan Permendagri No 31 tahun 2016, yang boleh dibantu dalam pelayanan kesehatan Pemerintah Daerah hanyalah warga yang tidak mampu ataupun penduduk miskin, maka tidak semuanya warga yang dapat fasilitas itu. (rls)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index