Mentan akan borong gabah petani yang sedang turun harga

Mentan akan borong gabah petani yang sedang turun harga
gabah

Riauaktual.com - Menteri Pertanian Amran Sulaiman segera akan menurunkan tim bersama Badan Urusan Logistik (Bulog) ke sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur, untuk memborong gabah petani yang harganya sedang anjlok.

"Tahun lalu (harga) masih betengger pada 4.000-5.000 per kilogram. Tapi Februari sekarang ini harga jatuh dan kami beberapa menteri dipanggil oleh presiden langsung menindaklanjuti di lapangan," ungkap Amran seperti dikutip bulog.co.id, hari ini.

Saat ini tim Kementan bergerak cepat setelah diperintahkan Presiden Joko Widodo untuk menanggulangi anjloknya harga gabah karing.

Atas instruksi presiden, Kementan bersama Bulog akan menyerap gabah produksi petani. Bila sekarang harganya berkisar Rp 3.000/kg, pemerintah akan membeli dengan harga yang layak.

"Insya Allah kami langsung rapat membentuk tim khusus untuk menyerap gabah dengan harga yang menguntungkan petani. Kita tidak boleh membiarkan harga jatuh," ujar Mentan.

Beberapa daerah yang akan disasar pemerintah antara lain Demak, Bojonegoro, Ngawi dan Blora. Saat ini, tim Kementan bersama Bulog sudah berada di lapangan.

Mentan memberi gambaran bahwa harga gabah kering petani akan diangkat di kisaran minimal Rp 3.700 dari harga saat ini anjlok seharga Rp 3000-3.500/kg.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index