LSI: Pengguna Instagram Banyak yang Dukung Anies-Sandi

LSI: Pengguna Instagram Banyak yang Dukung Anies-Sandi
Instagram

Riauaktual.com - Hasil temuan survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA tak hanya menasbihkan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno unggul di pemilih pengguna media sosial Facebook, melainkan juga di Instagram.

Kendati demikian, Anies-Sandi k‎alah di pemilih yang menggunakan Twitter. Media sosial Instagram menempati urutan kedua dari nominasi paling banyak digunakan oleh konstituen Pilkada DKI 2017. Sebesar 29,30 persen responden LSI Denny JA menyatakan bahwa mereka memiliki akun Instagram.

"Di pemilih yang menggunakan Instagram, Anies-Sandi Unggul. Dari para pemain Instagram (total pemain 29,30 persen), sebesar 49,99 persen menyatakan dukungan terhadap Anies-Sandi. Sementara dukungan untuk Ahok-Djarot sebesar 40,73 persen," kata Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar, di kantornya, Rawamangun, Jakarta Timur, kemarin.

Sebelumnya diberitakan, Anies-Sandi unggul di media sosial berdasarkan temuan survei LSI Denny JA. Di Facebook, sebanyak 47,58 persen pemain mendukung Anies-Sandi. Sementara itu, 43,93 persen mendukung petahana.

"Dukungan Anies-Sandi justru lebih tinggi di pemilih yang tidak menggunakan Facebook. Di pemilih yang tidak punya akun Facebook, dukungan Anies-Sandi sebesar 50,54 persen. Sementara dukungan Ahok-Djarot sebesar 40,80 persen," ungkap Rully.

Lalu, di media sosial Twitter, Ahok-Djarot dipilih pengguna sebanyak 53,34 persen. Sementara itu, Anies-Sandi hanya meraih dukungan sebesar 39,33 persen.

Meski demikian, di pemilih yang tidak menggunakan Twitter, paslon nomor urut tiga itu mengungguli petahana dengan perolehan dukungan sebesar‎ 50,94. Sementara, Ahok-Djarot memperoleh dukungan sebesar 40,16 persen.

‎Rully menjelaskan, secara keseluruhan di antara para pengguna media sosial pasangan Anies-Sandi lebih unggul ketimbang Ahok-Djarot. Secara keseluruhan pula, pemilih Jakarta yang memiliki akun medsos yaitu sebesar 58,9 persen.

"Dari mereka yang mengaku punya media sosial, sebesar 46,2 persen menyatakan mendukung Anies-Sandi. Dan sebesar 43,10 persen menyatakan mendukung Ahok-Djarot," sebut Rully, sebagaimana dikutip dari okezone.com.

Keunggulan Anies-Sandi, kata dia, justru makin besar di pemilih yang tak aktif di medsos. Dari mereka yang tak aktif, sebesar 54,60 persen menyatakan dukungannya untuk Anies-Sandi. Sementara itu, sebesar 37,40 persen menyatakan dukungan terhadap Ahok-Djarot.

‎Sekadar diketahui, survei terhadap pengguna medsos oleh LSI Denny JA dilakukan pada 27 Februari-3 Maret 2017 di Jakarta. Survei ini dilakukan secara tatap muka terhadap 440 responden. Responden sendiri dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling. Margin of errof survei ini plus minus berada pada angka 4,8 persen.‎

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index