Pekanbaru Terapkan E-Voucher Pengganti Raskin

Pekanbaru Terapkan E-Voucher Pengganti Raskin
ilustrasi

Riauaktual.com - Pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial telah meniadakan distribusi Beras miskin (Raskin) atau beras sejahtera (Rastra) untuk Kota Pekanbaru.

Kepala Bagian(Kabag) Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru, Laksmi Fitriana SH mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah menjalankan e-voucher sebagai pengganti Raskin yang diserahkan kepada tiap rumah tangga sasaran.

"E-voucher pengganti raskin dan sudah dijalankan. Jadi, tidak ada lagi penyaluran Raskin di Pekanbaru," sebutnya akhir pekan kemarin.

Laksmi menambahkan, untuk pengawasan program e-voucher dilapangan akan dilakukan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Pekanbaru.

"Kalau memang ada yang tidak tepat sasaran, kelurahan bisa lapor ke Dinsos Pekanbaru. Karena raskin bukan wewenang kami lagi, tapi udah kewenangan Dinsos. Dari Dinsos kota akan melaporkan ke Kementerian sosial, disana datanya akan direvisi," ungkapnya.

Lebih jauh dikatakan Laksmi, E-voucher tersebut berisi saldo Rp 110 ribu. Dana tersebut dapat dipakai untuk membeli kebutuhan pokok, seperti beras atau gula pasir.

"Kartu itu BRI yang keluarkan menyesuaikan dengan data Kemensos. Jadi kita tidak ada mengurus raskin lagi," tutupnya. (yan)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index