Intsiawati Ayus Minta Kepala Daerah Fokus Terhadap Skala Prioritas

Intsiawati Ayus Minta Kepala Daerah Fokus Terhadap Skala Prioritas
Intsiawati Ayus foto bersama dengan wartawan

Riauaktual.com -  Dengan terpilihnya Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru Firdaus-Ayat kembali.  Banyak harapan dari masyarakat hingga Legislatif agar pemerintah lebih memprioritaskan program kerja yang prioritas. Sehingga dalam membelanjakan anggaran tidak lagi mubajir dan tepat sasaran.

Anggota DPD RI, Intsiawati Ayus, saat menggelar diskusi bersama beberapa awak media di Jalan Bintara, Jum'at 17 Maret 2017 menghimbau agar Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru terpilih ini hendaknya fokus terhadap program skala prioritas untuk lima tahun kedepan.

“Saya berharap bagi kepala daerah terpilih khususnya Pekanbaru untuk segera menyelesaikan program mendesak. Pasalnya Pekanbaru merupakan wajah Provinsi Riau. Jadi sudah seharusnya mempetakan program prioritasnya. Sehingga penggunaan anggaran tepat sasaran dan tidak mubazir,"ujarnya.

Ayus menambahkan, adapun program prioritas di Pekanbaru yang mendesak untuk segera ditangani adalah sampah dan pasar. Kedua program ini sangat penting dan perlu penanganan.

"Ibarat kita dirumah lagi ngatur uang belanja. Tentu ada belanja untuk kebutuhan harian, mingguan, bulanan hingga tahunan. Sama halnya dengan membelanjakan uang negara. Jadi Pejabat yang cerdas bisa mengurutkan mana yang prioritas dan mana yang bukan prioritas.

Jadi untuk kebutuhan yang mendesak saat ini seperti penanganan sampah dan tata kelolah pasar,"ungkapnya.

Lebih jauh dikatakan Ayus, untuk prolioritas selanjutnya disamping penanganan sampah dan pasar, juga ada prioritas air bersih,ruang terbuka hijau serta penanganan banjir.

"Kalau saya ditanya, Pembangunan Perkantoran di Tenayan ini termasuk prioritas. Saya sebut bukan, karena tidak masuk urutan prioritas mendesak. Jadi seharusnya kita selesaikan dahulu kepentingan masyarakat. Pemko kan punya uang, jadi silahkan beli tanah kosong ditengah kota, jadikan ruang terbuka hijau untuk masyarakat bersantai diakhir pekan," terang.

Menurut Ayus, selama ini dirinya menilai jika program Pemerintah belum tepat.  Bahkan pejabat di Riau ini banyak yang tidak cerdas untuk menggunakan anggaran dalam hal pembelanjaan. Bahkan beberapa waktu lalu ketika saya ada rapat dengan Menkiu, disebutkan jika Riau itu Suka belanja tapi tidak cerdas.

“Sebenarnya pas Buk Menteri menyampaikan hal tersebut dalam forum rapat, saya sangat malu. Dia bilang banyak pejabat di Riau suka belanja tapi tidak cerdas dalam hal membelanjakan uang,” tutupnya. (yan)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index