Hak Disabilitas Kurang Diperhatikan

Pria Asal Manado Keliling Indonesia dan hari ini Mampir ke DPRD Pekanbaru

Pria Asal Manado Keliling Indonesia dan hari ini Mampir ke DPRD Pekanbaru
ramjan foto bersama anggota dprd pekanbaru

Riauaktual.com - Ketua Solidaritas Penyandang Disabilitas Indonesia, asal Manado Ramjam Mohammad akhirnya bisa menghampiri DPRD Kota Pekanbaru, Kamis (16/03).

Kedatangan Ramjam dengan menggunakan kursi roda ini disambut Ketua komisi III DPRD Kota Pekanbaru Nofrizal MM dan anggota lainnya seperti Zainal Arifin, Hery Pribasuki dan Tarmizi Muhamad.

Sebelum ke Kota Pekanbaru, Ramjam diketahui sudah mampir kelebih 30 Provinsi di Indonesia untuk menyuarakan visi memperjuangkan hak-hak Disabilitas yang selama ini dinilai kurang mendapat perhatian.

"Sudah 30 provinsi yang saya singgahi, dan setiap provinsi ada dua atau tiga kabupaten atau kota untuk saya menyampaikan aspirasi, makanya hari ini saya temui DPRD Kota Pekanbaru untuk bersuara agar dalam rapat-rapat nanti bisa memperjuangkan hak-hak Disabilitas," ujar Ramjam.

Ramjam juga berharap setiap daerah bisa ikut memperjuangkan hak-hak kaum Disabilitas sebagaimana yang tertuang dalam undang-undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016.

"Kalau dulu namanya penyandang cacat sekarang diubah menjadi penyandang Disabilitas. Penyandang disabilitas ini tidak minta dikasihani, tetapi mereka minta dibina, diberikan keterampilan agar bisa hidup mandiri, dan yang paling penting juga sarana dan prasarana untuk disabilitas juga harus diperhatikan," tuturnya.

Ketika lebih jauh ditanyakan wartawan, apa pendapat Ramjam tentang Kota Pekanbaru, apakah sudah memperhatikan hak-hak penyandang Disabilitas ?, Ramjam hanya tersenyum, seraya menyebut banyak kendala.

"Tidak ada saya temui akses, sarana dan prasarana untuk para penyandang Disabilitas disini, mungkin kalaupun ada sangat kurang. Beda dengan Surabaya dan Batam yang sudah bagus fasilitas publik, khususnya untuk penyandang Disabilitas seperti saya," ungkapnya.

Ramjan juga menyampaikan, dan meminta doa kepada masyarakat agar visi yang ia bawa bisa mengangkat harkat dan martabat kaum disabilitas. Dan mendapat kesamaan hak dimata pemerintah.

"Besok saya akan menggunjungi Sumatera Utara, lalu lanjut ke Banda aceh, dan semoga cita-cita saya bisa kesampean ke Papua dan Papua Barat, karena cuma tinggal wilayah ini yang belum saya kunjungi," pungkasnya. (DWI)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index