Raskin Tak Kunjung Keluar, Warga Limbungan Menjerit

Raskin Tak Kunjung Keluar, Warga Limbungan Menjerit
ilustrasi

Riauaktual.com - Hingga pertengahan Maret 2017, warga miskin di Kota Pekanbaru tak kunjung menerima raskin yang menjadi hak mereka. Mereka pun mengeluhkan hal itu karena sangat membutuhkan beras tersebut.

"Sejak Januari sampai sekarang, raskin belum ada," ujar Khaidir, warga RT.01/RW.04 Kelurahan Limbungan, Kecamatan Rumbai Pesisir, Rabu.  

Ia mengatakan, meski jumlahnya sedikit, namun raskin sangat meringankan bebannya dalam memenuhi kebutuhan makan anggota keluarganya. Dia berharap, raskin bisa secepatnya keluar.

Salah seorang ketua RT di Kelurahan terpisah Kelurahan Sri Meranti, Kecamatan Rumbai, Gun, juga mengaku tidak mengetahui mengapa raskin hingga kini tak kunjung turun. Warganya pun sering datang kepadanya untuk menanyakan kapan raskin akan datang. "Tapi dari kelurahannya (raskin) belum turun, ya mau gimana lagi. Saya juga tidak tahu penyebabnya," kata gun.

Terpisah Netti Enita SH Kabid Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial Kota Pekanbaru ketika ditemui wartawan Riauaktual.com di ruang kerjanya mengatakan, program raskin masih ada, tetapi programnya berbeda, yang sebelumnya secara tunai atau disalurkan secara langsung untuk tahun 2017 program raskin atau Beras Sejahtera (Rastra) berubah menjadi non tunai.

"Program ini bekerjasama dengan Bank BRI dan Bulog, jadi untuk penyaluran rastra tahun 2017 tetap dibayarkan atau disalurkan Januari dengan memakai kartu merah putih yg akan didistribusikan BRI kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat mengambil rastra tersebut dengan menggunakan kartu tersebut di outlet spt : e-Warong kube jasa, RPK atau agen Brilink," katanya.

Kartu tersebut setiap bulannya berisi dana sebesar Rp. 110.000,- dapat mengambil beras 10 kg dan gula 2 kg. "Dan bulan Maret ini sudah ada sebahagian masyarakat kita yang mendapatkan kartu, jadi apabila sudah mendapatkan kartu mereka bisa mengambil bantuan tersebut. Sebagian masyarakat lainnya lagi masih pendistribusian kartu pak, kartu dari BRI langsung pak,"jelasnya. (ang)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index