Prioritas Program OPD Rohul 2018 Capai Rp875,43 Miliar

Prioritas Program OPD Rohul 2018 Capai Rp875,43 Miliar
opd

Riauaktual.com - Dari pleno II rapat teknis pembahasan dan paparan usulan program prioritas masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Rohul 2018, hasil kesepakatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rohul tahun 2017 rencana kerja OPD 2018 dan asumsi kebutuhan pagu anggaran atau belanja langsung Rp875.434.450.000.

Dimana itu sesuai prioritas program kegiatan yang terhimpun di 195 program dengan 1.022 kegiatan serta asumsi kebutuhan pagu anggaran atau belanja langsung. Etimasi asumsi kebutuhan anggaran dari Renja OPD Rohul berdasarkan hasil pembahasan Forum Konsultasi Publik, Forum SKPD, sinkronisasi program kegiatan lintas sektoral, OPD dan termasuk kesepakatan Musrenbang Kabupaten Rohul 2017.

Diakui Kepala Bappeda Rohul, Nifar SP MIp kemarin, mesti dari pleno II rapat teknis pembahasan dan paparan seluruh SKPD dengan catatan khusus tentang rancangan awal Renja, Prioritas program dan kegiatan OPD Rohul yang telah disepakati dari hasil Musrenbang Kabupaten Rohul tahun 2017.

Apa yang sudah diprioritaskan terhadap program kegiatan serta pagu anggaran yang telah disepakati Rp875,43 miliar, kemungkinan akan terjadi penambahan maupun pengurangan dari prioritas program kegiatan yang direncanakan  dan disepakati.

“Karena, nantinya dilakukan evaluasi dari bidang teknis Bappeda, yang akan disesuaikan dengan RPJMD Rohul 2016-2021, Rencana Strategis OPD, Urusan Kewenangan dan Estimasi kemampuan keuangan. Artinya, prioritas program kegiatan belanja langsung direncanakan, bisa saja berubah. Rp875,43 miliar, itu belum termasuk Belanja Tidak Langsung (BTL), ini akan dipertajam lagi terkait indikator target, capaian sasaran serta output yang dihasilkan,’’ ucapnya.

Dari prioritas program kegiatan dan estimasi kebutuhan anggaran yang dibutuhkan untuk perencanaan pembangunan tahun 2018, akan dibahas secara detail bersama Pokja Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Rohul, setelah nantinya ikuti Pra dan Musrenbang Provinsi dan Musrenbang Nasional.

“Output mekanis semua perencanaan adalah, ditebitkannya Peraturan Bupati Rohul tentang RKPD Rohul tahun 2018 yang nantinya menjadi pedoman dalam penyusunan KUA dan PPAS 2018 dan RAPBD Rohul 2018,’’ sebutnya. (Hum)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index