Komandan ISIS asal Indonesia tewas di Suriah

Komandan ISIS asal Indonesia tewas di Suriah
Bahrumsyah

Riauaktual.com - Pemimpin kelompok militan Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) Asia Tenggara asal Indonesia, Bahrumsyah dilaporkan tewas di Suriah. Pria itu tewas pada Senin lalu, saat berlangsungnya operasi bom bunuh diri gagal atas pasukan Suriah.

"Bahrumsyah tewas usai mobil berisi bahan peledak yang dikendarainya meledak lebih cepat di Palmyra. Bom itu ditujukan pada unit Angkatan Darat Suriah," demikian dilaporkan Kantor Berita Al-Masdar, seperti dikutip dari Asian Correspondent, Rabu (15/3).

Kematian Bahrumsyah dikonfirmasi ISIS, namun mereka tetap mengklaim Abu Muhammad al Indonesi alias Bahrumsyah sukses menghancurkan musuh.

"ISIS mengonfirmasi kematian Bahrumsyah pada Selasa, namun tetap mengklaim serangan yang dilakukannya berhasil menghancurkan musuh," tulis The Straits Times.

Bahrumsyah memiliki nama lain Abu Muhammad al Indonesi. Dia terkenal usai muncul dalam video rekrutmen ISIS pada 2014.

Dalam video tersebut, Bahrumsyah meminta militan di Indonesia, Malaysia dan negara Asia Tenggara lain bergabung dengan ISIS. Dia sendiri dikabarkan diminta untuk memimpin batalyon pasukan asing ISIS asal Asia Tenggara.

Amerika Serikat telah memasukkan namanya dalam daftar teroris, Januari lalu. Di bulan yang sama, dia pernah dikabarkan tewas dalam pertempuran.

Sementara itu, istri ketiga Bahrumsyah, NK, merupakan salah satu dari 17 warga negara Indonesia yang dideportasi dari Turki pada Januari lalu. Rombongan ini dideportasi karena mencoba masuk ke Suriah.


Sumber : merdeka.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index