Tahniah, Datuk Seri Setia Amanah Arsyadjuliandi Rachman

Tahniah, Datuk Seri Setia Amanah Arsyadjuliandi Rachman
suasana pemberian gelar

Riauaktual.com - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman resmi menyandang gelar Datuk Seri Setia Amanah. Penobatan gelar adat tersebut ditandai dengan pemasangan tanjak dan keris kepada Arsyadjuliandi Rachman, di Balai Adat Melayu Riau, Rabu (15/3/2017).

Ketua Harian Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Al Azhar mengatakan setelah penobatan tersebut Datuk Seri Setia Amanah diminta untuk menjalankan sendi-sendi adat Melayu dalam pemerintahannya.

"Kami sebagai masyarakat Melayu Riau sangat mengharapan Datuk Seri Setia Amanah menjalankan dan meluruskan adat Melayu lebih dipahami dan dipraktikkan dalam pemerintahan dan kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Al Azhar juga mengatakan Arsyadjuliandi Rachman juga diharapkan dapat mempertahankan komitmen memperhatikan sektor kebudayaan di Riau.

"LAMR sangat berharap pimpinan Pemprov Riau dapat menjalankan menjalankan komitmennya dalam mewujudkan visi misi Riau 2020, ‎Riau Menjadi Pusat Kebudayaan Melayu di Asia Tenggara, sebagaimana yang ditelah disampaikan ke khalayak," harap Al-Azhar.

Al Azhar menyebutkan pemberian gelar Datuk Seri Setia Amanah kepada gubernur Riau karena melihat komitmennya dalam memberikan peluang yang sangat besar untuk mengembangkan, menjaga serta melestarikan adat dan budaya Melayu Riau. Seperti mengeluarkan Peraturan Gubernur Riau tentang Muatan Lokal Budaya Melayu, kebijakan sebagai Tanah Tumpah Darah Melayu (Riau Homeland of Melayu), dan membentuk Dinas Kebudayaan Riau.

Sementara Arsyadjuliandi Rachman mengaku dirinya sangat bersuka cita atas pemberian gelar adat tersebut. Dengan penobatan itu dirinya merasa didoakan untuk setia terhadap amanah sebagai seorang gubernur, sebagai seorang pemimpin di daerah ini dengan matlamat antara lain memotivasi masyarakat untuk mendayagunakan sumber daya alam dan sumber daya manusia bagi kepentingan bersama dalam lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (Dr)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index