Berikan Materi Soft Skill

Wabup Minta Perusahaan Pakai Nakerja dari AKN

Wabup Minta Perusahaan Pakai Nakerja dari AKN
Wakil Bupati Siak memasangkan tanjak kepada salah seorang mahasiswa AKN Siak.

Riauaktual.com - Wakil Bupati Siak Alfedri mengharapkan perusahaan atau pihak industri yang beroperasi di Kabupaten Siak, untuk bisa merekrut tenaga kerja dari Akademi Komunitas Negeri (AKN) yang selama ini telah dipersiapkan kemampuannya.

Kata Wabup, Tujuan dari AKN ini dibentuk adalah untuk menyiapkan SDM yang siap pakai. Hal itu disampaikan Alfedri saat memberikan materi Kegiatan Soft Skill di Kampus Akademi Komunitas Negeri Siak, kampong Paluh - Mempura, Selasa (14/3).

Alfedri menyampaikan, materi soft skill ini bertujuan untuk memberian suatu kemampuan, bakat, atau keterampilan yang ada di dalam diri setiap manusia.

Ia pun menjelaskan, materi soft skill ini adalah kemampuan yang dilakukan dengan cara non teknis, artinya tidak berbentuk atau tidak kelihatan wujudnya. "Namun, soft skill ini dapat dikatakan sebagai keterampilan personal dan inter personal," katanya.

Sebagai contoh kata Wabup, seseorang dengan komunikasi yang baik mempunyai kemampuan dalam mengolah informasi baik lisan ataupun tulisan secara akurat.

Selain itu pertemuan kali ini lanjutnya, sebagai upaya untuk mengembangkan karakter mahasiswa yang professional, kreatif, inisiatif dan berpikir kritis.

“Setiap jenis pekerjaan akan selalu memerlukan sebuah keterampilan, sehingga mencapai target yang ditetapkan dan meraih tujuan akhir yang dicanangkan,” ujar Alfedri.

Diujung paparannya, pria asal Rohul ini mengharapkan, mahasiswa bisa berkembang dan bisa mengeksplor potensi yang dimiliki. Setelah lulus nanti mahasiswa mampu mengembangkan wirausaha dan ekonomi kreatif sebagai upaya membuka peluang kerja.

"Upaya ini harus mau dilakukan mahasiswa agar setelah lulus nanti sudah siap kerja dan ikut mendukung program pemerintah dalam mengembangkan ekonomi kreatif," pungkasnya. (jas/rls)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index