Ormas Jangan Berharap pada Bantuan Pemerintah

Ormas Jangan Berharap pada Bantuan Pemerintah
Wakil Bupati dan jajaran berfoto bersama pengurus ICMI Rokan Hilir usai pembukaan Musda II ICMI Rohil.

Riauaktual.com - Wakil Bupati Rokan Hilir mengaskan setiap Organisasi kemasyarakatan (Ormas) harus bisa mandiri dan bekerjasama dengan pemarintah daerah. Namun sebaliknya Wakil Bupati meminta ormas jangan terlalu berharap dari bantuan dana pemerintah, sebab pemerintah sifatnya hanya membantu. Alasan wakil bupati tersebut benar mengingat saat ini kondisi keuangan daerah yang sulit karena mengalami defisit anggaran.

Demikian kata Wakil Bupati Rokan Hilir Drs Djamaludin, saat membuka Musda II ICMI Rokan Hilir yang dipusatkan di Aula Hotel Mahera Bagansiapiapi, Senin (13/3). Wabup meminta ormas harus menunjukkan kontribusinya kepada masyarakat dengan kegiatan sosial tanpa harus bergantung dari bantuan pemerintah daerah.

Kontribusi dimaksud yakni ormas itu harus bisa memberikan sumbangsih baik pemikiran maupun tenaga yang bermanfaat bagi masyarakat banyak. "Sebab Ormas dibentuk untuk membantu pemerintah. Ia berharap agar Ormas harus tahu apa fungsi dan tugasnya, jangan sampai wadah itu dijadikan untuk meraih kepentingan pribadi.

"Sebagaimana kutipan dari ICMI Riau tadi bahwa, Habibie pencetus ICMI juga menegaskan bahwa ICMI bukan wahana atau kendaraan bagi siapapun untuk merebut jabatan politik di Indonesia. Sebaliknya, ICMI harus bisa menjadi katalisator pengembanga sumber daya manusia," ujarnya.

Wabup berharap, tanpa bantuan dari pemerintah ormas bisa melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dan kemajuan. "Seperti inilah yang kita inginkan dan perlu ditanamkan oleh Ormas yang ada," jelasnya lagi.

ICMI juga diharapkan memiliki kekuatan sumber daya manusia karena di dalamnya tergabung orang-orang intelek, seharusnya bisa membantu bangsa ini keluar dari berbagai persoalan. Wabup berkeinginan Organisasi yang mandiri tanpa campur tangan pihak eksternal dan tidak
dipimpin oleh orang-orang yang tidak punya kaitan langsung dengan kepentingan dan tujuan organisasi adalah sebuah keniscayaan.

Dalam era yang serba informatif berbasis digital merupakan salah satu yang mempengaruhi kecepatan perkembangan sebuah organisasi. lebih dari itu, misi yang diemban untuk menjembatani permasalahan dunia keagamaan adalah hal paling penting dicapai bagi organisasi ICMI. (Zai)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index