Kejar Pembuatan Akte, Tahun Ini Disdukcapil Pekanbaru Kerjasama Dengan Disdik

Kejar Pembuatan Akte, Tahun Ini Disdukcapil Pekanbaru Kerjasama Dengan Disdik
ilustrasi

Riauaktual.com - Guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib administrasi kependudukan. Tahun ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil(Disdukcapil) Kota Pekanbaru bakal menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru,  Baharuddin mengungkapkan bahwa tahun ini pihaknya akan bekerjasama dengan Disdik Pekanbaru untuk pengurusan akta kelahiran, karena sampai saat ini masih ada anak yang belum memiliki akta kelahiran.

"Memang dalam waktu dekat kita akan menjalin kerjasama dengan Disdik untuk pengurusan akta kelahiran bagi anak yang sudah masuk PAUD dan juga TK. Pasalnya masih anak yang belum memiliki akte kelahiran," ujarnya.

Bahar menambahkan, untuk kerjasama tersebut pihaknya sudah menyurati Dinas Pendidikan, untuk bisa meneruskan info ini kepada TK dan PAUD sehingga nanti anak didik mereka diwajibkan memiliki akta kelahiran.

"Untuk saat ini kita fokus ke TK dan PAUD, nanti akan lanjut ke SD dan SMP serta SMA. Yang jelas, kita targetkan seluruh anak yang sekolah sudah memiliki akte kelahiran," paparnya.

Menurut Bahar, dengan adanya kerjasama ini. Diharapkan jumlah warga Pekanbaru yang tidak memiliki akta kelahiran semakin berkurang. Karena akte kelahiran ini merupakan dokumen yang sangat penting.

Bahar menambahkan, untuk pengurusan akta kelahiran bagi anak yang sudah duduk di bangku TK dan PAUD akan digratiskan. Kendatipun dalam Perda kependudukan untuk anak yang pengurusan akta kelahirannya lebih dari umur 2 bulan sudah harus dikenakan sanksi.

"Untuk biaya akte kelahiran ini kita gratiskan. Hal ini sebagai program kita untuk menarik masyarakat agar segera mengurus administrasi kependudukan," tutupnya. (yan)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index