Kereta Bandara Soekarno-Hatta Akan Pakai Kereta Buatan Korsel

Kereta Bandara Soekarno-Hatta Akan Pakai Kereta Buatan Korsel
ilustrasi

Riauaktual.com - Kereta Bandara Soekarno-Hatta akan menggunakan kereta buatan pabrikan Woojin, perusahan kereta asal Korea Selatan. Kereta ini sama jenisnya dengan kereta yang digunakan di Bandara Kuala Namu.

"Kereta buatan Korea Selatan, PT Woojin," ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, di Stasiun Kereta Bandara, Bandara Soekarno Hatta, Tanggerang, Minggu kemarin.

Nantinya kereta ini akan memasang tarif tidak lebih dari Rp 100.000 per orang. Budi menjelaskan, tarifnya yang mahal dikarenakan proses pembangunan dilakukan secara komersial oleh PT Railink. Berebeda dengan KRL commuterline yang dibangun oleh pemerintah menggunakan anggaran negara.

"Kira-kira batas atasnya Rp 100.000, batas bawahnya di bawah itu. Jadi dana komersial yang disediakan. saya pikir kita juga harus melibatkan swasta untuk membangun sarana prasarana kita. Kalau dari APBN tidak bisa, benar-benar PT Railink pinjam di bank dan komersial," kata Budi.

Rini mengatakan tarif ini seperti di Bandara Kuala Namu, Sumatera Utara yang juga PT Railink sebagai operatornya. Di Kuala Namu, kereta bandara pertama di Indonesia tersebut memakai tenaga diesel bukan kereta listrik (KRL).

Ia mengatakan kereta bandara ini nantinya bisa menampung penumpang hingga 33.000 per hari. Atau setara 20% dari penumpang yang ke bandara setiap harinya.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, setelah Kereta Bandara Soetta yang akan dibangun oleh Railink, nantinya akan dibangun di Jogjakarta dan Solo. Serta di Padang akan beroperasi tahun ini.

"Kota berikutnya di Jogja dan Solo mulai bangun tahun ini. Padang sudah selesai tahun ini. Padang duluan, Agustus mungkin bisa mulai operasional," ujarnya.



Sumber : detik.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index