Turut Dihadiri Gubernur Riau, Komunitas Pariwisata Kunjungi Wisata Sejarah Pekanbaru

Turut Dihadiri Gubernur Riau, Komunitas Pariwisata Kunjungi Wisata Sejarah Pekanbaru
Komunitas Penggiat Pariwisata melakukan kunjungan ke situs-situs bersejarah di Kota Pekanbaru. Acara tersebut turut dihadiri Gubernur Riau

Riauaktual.com - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Minggu (12/3) pagi, melepas rombongan komunitas penggiat pariwisata, pada acara "Pekanbaru Heritage Walk". Acara pelepasan tersebut dilaksanakan di halaman situs cagar budaya Rumah Tuan Kadi yang berada tepat di tepian sungai Siak Pekanbaru.

Kunjungan orang nomor satu di Riau itu, dilakukan secara mendadak tanpa protokoler dan langsung berbaur dengan masyarakat komunitas penggiat pariwisata. Menurutnya Pekanbaru memiliki objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, baik itu wisata sejarah ataupun wisata kulinernya.

"Pembangan pariwisata Riau akan mencoba menggali potensi dari budaya dan sejarah yang ada di Empat sungai besar yang ada, yakni Sungai Siak, Kampar, Rokan dan Indragiri," ujar Gubri pria yang kerab biasa disapa Andi Rachman.

Menurutnya, Pemerintah akan membangunnya dengan melibatkan masyarakat setempat, berkoordinasi lintas sektoral dan melibatkan pemangku kepentingan yang terkait, demi melestarian peninggalan bersejarah dan kearifan lokal masyarakatnya.

Kepala Dinas Pariwisata Riau, Fahmizal Usman mengatakan, di sekitar Kecamatan Senapelan ditepi Sungai Siak masih banyak objek-objek wisata menarik yang dapat ditemui. Dengan adanya kegiatan yang dilakukan pelaku wisata dari pihak swasta, seperti "Pekanbaru Heritage Walk", Fahmizal berharap dapat membantu mempromosikan destinasi pariwisata yang ada di Kota Pekanbaru.

"Kegiatan ini sangat positif, para peserta dapat bersilaturhmi, selain itu kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan untuk melibatkan kawasan Kampung Bandar Pasar Bawah sebagai destinasi wisata sejarah di Pekanbaru, " katanya.

Pekanbaru memiliki objek wisata yang menarik, jika kita menelusuri kampung-kampung yang berada di tepi Sungai Siak yang menjadi daerah cikal-bakal Kota Pekanbaru kini. Objek wisata yang dapat dikunjungi diantaranya adalah, Rumah Singgah Tunak Kadi, Rumah Tenun Kampung Bandar yang berdiri sejak 1890, rumah-rumah panggung dari kayu yang sudah berdiri puluhan tahun, pelabuhan lama Pekanbaru yang dibangun oleh Belanda pada sekitar tahun 1920, dan gudang Pelindo yang merupakan saksi bisu kejayaan perdagangan antar Sumatera Timur ke Singapura.

Kegiatan "Pekanbaru Heritage Walk" diawali dengan berkumpul dari Rumah singgah Sultan Siak, konon, saat Sultan Syarif Kasim II berkunjung ke Pekanbaru, beliau akan singgah terlebih dahulu ke rumah ini. Pemandangan di sekitar rumah panggung itu sangat kontras karena tak jauh dari Jembatan Siak III, yang berwarna kuning dengan konstruksi modern.

Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan menuju tempat tempat wisata sejarah lainnya, seperti terminal lama Pekanbaru yang didirikan oleh perusahaan minyak Caltex pada 1955, Tugu titik nol di area pelabuhan lama, Pelabuhan Pelindo, rumah tenun Kampung Bandar, Masjid Raya, dan Rumah Bea Cukai atau Rumah Syah Bandar.

Berdasarkan data dari Tim Heritage Pekanbaru, Pelabuhan lama Pekanbaru dibangun oleh Belanda pada sekitar tahun 1920. Saat itu, pelabuhan tersebut sering disinggahi kapal-kapal dari KPM (Koninklijke Paketvaart Maatschappij/ Perusahaan Pelayaran Belanda). Kapal-kapal ini membawa barang-barang dari Tapung, Payakumbuh, dan berbagai wilayah Sumatera Tengah lainnya untuk dibawa ke Singapura. (yai)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index