110 ribu hektare lahan sawit di Riau mulai rusak

110 ribu hektare lahan sawit di Riau mulai rusak
ilustrasi

Riauaktual.com -  Ratusan ribu hektare kebun kelapa sawit di Provinsi Riau sudah mulai menua dan diperlukan peremajaan karena sebagian besar sudah berusia di atas 25 tahun.

"Yang harus dilakukan peremajaan karena sudah berada di atas 25 tahun itu sekitar 110 ribu hektar," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau, Ferry HC seperti dikutip bumn.go.id, hari ini.

Luas areal kelapa sawit di Riau mencapai angka 2,3 juta hektar dan hampir 25 persen dari luas lahan secara nasional dan CPO yang dihasilkan mencapai  8.198.962 ton per tahun.

Ditahap pertama, peremajaan akan dilakukan terhadap sekitar 52 ribu hektar kebun kelapa sawit tahun yang dimulai tahun 2014. Tapi ini tidak terealisasi karena asuransi dan tabungan petani cukup untuk dana peremajaan tersebut.

"Tapi Pemprov Riau sudah melakukan langkah-langkah untuk membantu itu, diantaranya memberikan bantuan bibit-bibit yang baik kepada para petani," ujar Ferry.

Pemberian bibit petani ini merupakan salah satu bentuk peremajaan dari Pemprov Riau. Tahun 2016 setidaknya sduah 600 hektar yang diremajakan melalui pemberian bibit kepada para petani.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index