Cadangan devisa negara aman untuk sembilan bulan ke depan

Cadangan devisa negara aman untuk sembilan bulan ke depan
ilustrasi

Riauaktual.com - Posisi cadangan devisa Indonesia akhir Februari 2017 tercatat sebesar US$ 119,9 miliar dan angka itu dinyatakan aman untuk delapan hingga sembilan bulan ke depan.

Angka devisa Februari 2017 meningkat dibandingkan jumlah di Januari 2017 yang sebesar US$ 116,9 miliar. Peningkatan tersebut terutama dipengaruhi penerimaan devisa, antara lain berasal dari penerimaan pajak dan devisa ekspor migas bagian pemerintah, penarikan pinjaman luar negeri pemerintah, serta hasil lelang Surat Berharga Bank Indonesia (SBBI) valas.

Penerimaan devisa tersebut melampaui kebutuhan devisa untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dan SBBI valas jatuh tempo.

Dikutip dari bi.go.id, hari ini, posisi cadangan devisa per akhir Februari 2017 tersebut cukup untuk membiayai 8,9 bulan impor atau 8,5 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor.

Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index