Fitra Riau juga Kritik Musrenbang Kota Pekanbaru yang Diadakan di Hotel Mewah

Fitra Riau juga Kritik Musrenbang Kota Pekanbaru yang Diadakan di Hotel Mewah
FITRA

Riauaktual.com - Bukan hanya mendapat penolakan dari anggota DPRD Kota Pekanbaru, acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Musrenbang) Kota Pekanbaru di hotel berbintang juga menuai kritikan tajam dari Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau.

Koordinator Fitra Riau, Usman menilai rapat Musrenbang di hotel tersebut terlalu berlebihan, padahal menurut dirinya, masih banyak ruang rapat dan gedung dari intansi atau lembaga terkait yang bisa dimanfaatkan.

"Kita menilai itu berlebihan, alasannya juga harus jelas kenapa harus dilakukan di hotel? Padahal kalau acaranya di gedung pemerintahan atau di ruang terbuka sekalipun akan lebih bagus dan murah karena partisipasi masyarakat juga terlihat, dan hikmah acara juga terasa," ucap Usman kepada wartawan, Kamis (09/03).

Disamping itu, kata Usman lagi, acara Musrenbang yang mengangkat tema optimalisasi e-planning sebagai proses penajaman prioritas pembangunan kota Pekanbaru menuju kota metropolitan smart city yang digelar dihotel tersebut juga dinilai suatu pemborosan anggaran, mengingat kondisi perekonomian di pemerintah daerah kota Pekanbaru belum stabil.

"Bukan hanya boros, acara tersebut tentunya hanya orang-orang tertentu yang bisa mengakses, padahal acara Musrenbang ini sangat penting untuk menentukan arah pembangunan tahun 2018," tuturnya.

Usman juga menyebut, di era keterbukaan, harusnya tidak ada lagi sekat-sekat yang dilakukan terhadap akses publik dalam menyuarakan haknya sebagai pemegang kedaulatan.

Sebagaimana diketahui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menegaskan berdasarkan SE Menteri PNRB NO 11/2014 tentang pembatasan kegiatan pertemuan/Rapat di luar kantor tetap berlaku, namun tetap diatur secara detail dan rinci dalam kondisi bagaimana aparatur pemerintah boleh mengelar rapat di luar kantor, dan yang menjadi prioritas utama tetap menggelar rapat di ruangan rapat di instansi atau lembaga terkait yang bisa dimanfaatkan.

"Ini yang kita sayangkan, kenapa hal tersebut tidak di terapkan di kota kita ini," tandasnya. (pur)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index