Apa Peran Setya Novanto dalam proyek e-KTP ?

Apa Peran Setya Novanto dalam proyek e-KTP ?
Ketua DPR Setya Novanto

Riauaktual.com - Ketua DPR RI, Setya Novanto diduga terlibat dalam kasus suap korupsi e KTP. Bahkan, Novanto yang waktu itu menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar memiliki peran penting.

Informasi tersebut diperoleh dari Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman dalam keterangannya siang ini.

"Setya Novanto diduga punya peran dalam hal pengaturan bagi-bagi duit kepada oknum anggota DPR di Komisi II dan atau Badan Anggaran dalam bentuk mengetahui, menyetujui, mengarahkan atau diduga menyuruh  bagi-bagi duit," kata Boyamin sebagaimana dikutip dari Rimanews.

Pemberian duit dari pihak swasta kepada oknum anggota DPR komisi II waktu itu terbagi dalam 3 kategori:

1. Dana tambahan kunjungan kerja ke luar negeri ( Hongkong dan Eropa) dalam bentuk fasilitas mewah akomodasi anggota DPR dan keluarganya yang ikut Kunjungan Kerja ke luar negeri.

2. Dana tambahan kegiatan Reses DPR sebesar sekitr Rp 18 miliar dari pihak swasta yang diberikan hampir merata kepada oknum anggota DPR Komisi II.

3. Dana THR bagi oknum-oknum anggota Komisi II DPR.

"Salah satu bentuk cara pemberiannya uang sebesar Rp 500 juta diletakkan di toilet DPR dan kemudian uang tersebut diambil oleh oknum anggota DPR Komisi II," pungkas Boyamin.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index