Jelang Hari TB Sedunia

Puskesmas Bagan Batu akan Ketuk Pintu 1000 Rumah

Puskesmas Bagan Batu akan Ketuk Pintu 1000 Rumah
ilustrasi

Riauaktual.com - Menyambut Peringatan Hari Tubercolosis (TB) Sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Maret 2017, Puskesmas Bagan Batu akan mengadakan program ketuk pintu 1000 rumah di Wilayah kecamatan Bagan Sinembah.

"Menjelang Hari TB Sedunia kami dalam minggu akan mulai melaksanakan kegiatan ketuk pintu 1000 rumah," kata Kepala Puskesmas Bagan Batu, Dr. Josafat S. di Bagan Batu, Rabu (08/03).

Dalam kegiatan tersebut tim medis dari Puskesmas Bagan Batu memprioritaskan mengunjungi rumah dimana yang ada anggota keluarganya suspect TBC. "Nanti tim akan memeriksa dahak hanya piksase saja atau pewarnaan sample dahak baru selanjutnya diperiksa di laboratorium Puskesmas Bagan Batu untuk mengidentifikasi apa terkena virus atau tidak," terang Josafat.

Sambung Josafat, dalam pemeriksaan tersebut diprioritaskan kepada anggota keluarga yang tinggal satu rumah, serta kepada warga yang  mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh selama 2 minggu atau lebih. "Yang batuk-batuk sampai 2 minggu atau lebih itu kita periksa apakah ada indikasi TBC atau tidak, kalau ada indikasi barulah kita lakukan penanganan lebih lanjut," ujarnya.

Apalagi lanjutnya lagi berdasarkan data yang dihimpun untuk di wilayah Bagan Sinembah   ini sudah ribuan warganya yang suspect virus TBC. "Ada 4.819 orang yang Suspect TBC di kecamatan Bagan Sinembah, jadi ini ditangani secara serius," ucap Josafat.

Terakhir dr. Josafat S mengatakan program ketok pintu 1000 rumah merupakan bagian dari pemerintah pusat dalam memangkas habis TB yang sempat menyebar di tengah masyarakat. "Ini merupakan bagian dari dari kepenghuluan bebas TBC menuju Indonesia bebas TBC," imbuhnya. (zai)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index