Dewan di Pekanbaru Minta Pihak Terkait Antisipasi Jajanan Anak yang Mengandung Narkoba

Dewan di Pekanbaru Minta Pihak Terkait Antisipasi Jajanan Anak yang Mengandung Narkoba
roem diani dewi.jpg

Riauaktual.com  - Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru Roem Diani Dewi meminta, pihak kepolisian, Disperindag, BPOM dan intansi terkait lainnya untuk segera bertindak dan turun kelapangan guna memastikan permen dot yang diduga mengandung narkoba tidak beredar di Kota Pekanbaru.

Pasalnya, Saat ini permen dot yang diduga mengandung narkoba dikabarkan sedang marak diperjual belikan di sejumlah sekolah dasar dan taman kanak-kanak (TK) di Indonesia, salah satunya yang ditemui di Kota Surabaya.

"Pastinya ini harus diantisipasi, meskipun yang baru ditemui di Kota Surabaya. Pokoknya, jangan sampai masuk ke daerah kita, untuk itu pihak kepolisian sudah bisa bergerak turun kelapangan memastikan permen dot yang diduga mengandung narkoba tidak beredar di Pekanbaru, telusuri setiap pedagang maupun produsen," ucap Roem, ketika berbincang bersama wartawan, Rabu (08/03)

Roem Diani juga berharap, jika permasalahan permen terindikasi mengandung narkoba ini benar adanya, pihak kepolisian diminta bisa bersikap tegas dan menegakkan aturan yang ada.

"Jika terbukti benar ada dan positif mengandung narkoba, kita minta pihak penegak hukum bisa bersikap tegas, dan memberikan hukuman setimpal kepada pelaku tindak kejahatan baru ini, pasalnya mereka sudah berusaha merusak generasi bangsa dengan memasukkan zat-zat berbahaya kedalam jajanan yang disasar oleh anak-anak," Tegas Roem.

Lebih jauh Politisi PKS ini juga berujar, sebagai bentuk antisipasi, pihak pemerintah baik itu, BPOM, Diskes dan pihak sekolah perlu bekerja sama melakukan sosialisasi kepada siswa tentang bahaya narkoba.

"Para siswa diberi pemahaman tentang bahaya narkoba ini, apalagi jika dikemas dalam bentuk semenarik mungkin seperti dugaan permen dot mengandung narkoba itu, kan sangat susah sekali dikenali oleh masyarakat apa lagi anak-anak, saya kira pihak sekolah juga berperan dan tidak boleh membiarkan pedagang berkeliaran diluar sekolah yang jajanananya belum terjamin kesehatan dan keamanannya," tuturnya.

Disamping itu, kata Roem Diani lagi, kepada masyarakat juga diharapkan lebih selektif lagi dalam membelikan jajanan untuk keluarga.

"Jangan lihat kemasannya yang menarik saja, tetapi perhatikan semua aspek, mulai dari lebel halal, kadarluarsanya, komposisi, tertera atau tidak lebel BPOM dan segala macamnya, kalau tidak ada harusnya jangan dibeli," pungkasnya. (pur)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index