Kurangi penggunaan minyak dengan 4 cara memasak ini

Kurangi penggunaan minyak dengan 4 cara memasak ini
Ilustrasi merebus sayuran. Shutterstock/paichoom

Riauaktual.com - Tak hanya bahan makanan saja yang mampu membuat tubuh gemuk. Namun metode memasak yang selama ini kamu lakukan pun mampu mendukung pertambahan berat badan. Contohnya, memasak menggunakan minyak dapat meningkatkan kolesterol jahat di tubuh yang berakhir dengan obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, dan stroke.

Kamu sendiri ingin memiliki tubuh yang lebih sehat dengan cara mengurangi penggunaan minyak dalam memasak? Cobalah cara berikut ini seperti dilansir dari healthmeup.com.

Memasak dengan air
Daripada menggunakan minyak saat memasak tumisan atau sup, cobalah dengan menggunakan air. Caranya adalah dengan didihkan air di panci lalu kemudian tumis bawang atau bumbu lainnya di penggorengan anti lengket. Setelah itu masukkan ke dalam rebusan air tersebut.

Memanggang
Memanggang juga merupakan cara memasak yang tidak menggunakan minyak. Metode memasak ini mampu membuat masakan matang merata serta vitamin alami yang ada di dalamnya tetap utuh. Metode memanggang merupakan pilihan yang baik untuk menghindari penyakit jantung.

Mengukus
Metode memasak dengan cara mengukus adalah salah satu cara yang harus kamu coba untuk meminimalisir penggunaan minyak saat memasak. Selain lebih sehat, masakan yang diolah dengan cara dikukus akan mudah dicerna sehingga kamu dapat terhindar dari gangguan pencernaan seperti perut kembung, sembelit, dan gangguan pencernaan lainnya.

Poaching
Poaching hampir sama dengan merebus makanan. Namun bahan dasar yang digunakan tidak hanya air. Bisa susu, kaldu, atau bahan cair lainnya. Ketika salah satu dari bahan di atas mendidih, maka kamu dapat memasukkan daging, sayur, atau bahan lain ke dalamnya. Karena tidak menggunakan minyak, maka nutrisi makanan di dalamnya tetap terjaga.

Bagi kamu yang ingin meningkatkan pola hidup sehat, cara memasak di atas patut untuk kamu coba.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index