Pusat Dorong Potensi Sektor Pariwisata Rupat

Pusat Dorong Potensi Sektor Pariwisata Rupat
Rupat

Riauaktual.com - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia siap untuk mendorong, mengembangankan, dan mempromosikan potensi pariwisata di Riau. Khususnya pulau Rupat utara kepada seluruh lapisan masyarakat.  

Hal tersebut dikatakan Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Kementerian Pariwisata Republilk Indonesia, Tasbir pada saat memberikan pemaparanya dalam acara Rapat Koordinasi (Rakor) Teknis Perencanaan Pariwisata se-provinsi Riau yang dilaksanakan di Rupat Utara kabupaten Bengkalis Provinsi Riau, Senin kemarin.

Menurutnya, Rupat utara merupakan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang telah tercantum dalam Peraturan Presiden (PP) nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana induk pembangunan kepariwisataan nasional. Berdasarkan PP ini kementerian Pariwisata selalu siap untuk mendorong.

"Pulau Rupat memiliki pasir putih sepanjang 17 kilo meter dengan kondisi pantainya yang sangat bersih dan saya telah melihat langsung kondisnya. Hal ini sangat bagus untuk dikembangkan agar dapat meningkatkan target kunjungan wisatawan," tuturnya

"Dengan memperbanyak penginapan sederhana, membuat paket wisata dan menciptakan keamanan, ketertiban dan kebersihan, ini merupakan moda awal untuk mengembangkan destiniasi pariwisata di Rupat utara," kata Tasbir lagi.  

Untuk menindaklanjuti itu, Dinas Pariwisata di provinsi Riau silahkan berkoordinasi dengan kami (Kementerian Pariwisata.red). "Mari kita kembangkan pariwisata di Indonesia untuk meningkatkan target kunjungan wisatawan," ujarnya.  

Ia juga menuturkan, Provinsi Riau dulunya dikenal sebagai daerah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Tapi saat ini minyak, gas dan batu bara secara nasional kondisi pertumbuhannya semakin menurun, yang meningkat adalah sektor pariwisata.

Pemerintah dan masyarakat Riau jangan terlalu berharap lagi dengan kondisi sektor migas, mari bersama-sama kita kembangkan sektor pariwisata guna meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Untuk itu mari kita bangkitkan kepariwisataan di Riau dengan jargon atau slogan  "No More Oil and Gas let's Star Tourism," urainya. (Dr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index