PKS Klaim Menangkan Pilkada 2017 di 52 Daerah

PKS Klaim Menangkan Pilkada 2017 di 52 Daerah
Sohibul Iman

Riauaktual.com - Partai Keadlian Sejahtera (PKS) mengapresiasi pelaksanaan Pilkada Serentak 2017 yang berjalan aman, damai, dan demokratis. PKS mengklaim pasangan calon yang diusung atau didukungnya menang di 52 daerah.

Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan, dari 101 daerah yang melaksanakan pilkada hampir semua relatif berjalan sesuai harapan. Namun, PKS memiliki beberapa catatan dalam menyoroti berbagai pelanggaran untuk diperbaiki oleh penyelenggara pemilu secara serius.


"Kami PKS mengapresiasi ya, tapi tetap ada catatan karena masih marak pelanggaran dan kecurangan yang terjadi," katanya di Gedung DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Minggu (5/3).

Kecurangan dan pelanggaran yang dimaksud adalah adanya kesemrautan penerbitan daftar pemilih tetap (DPT) dan sukat keterangan (suket) bagi pemilih yang tidak memiliki KTP elektronik.

"Jadi jumlah yang dikeluarkan dengan yang real ini beda, timpang ya," tukasnya, seperti mengutip okezone.com.

Kemudian adanya pelaksanaan pemungutan suara di TPS yang tidak sesuai standar operasional prosedur (SOP).

"Di TPS masih sangat longgar, kami menemukan masih dapat yang bisa langsung masuk saja padahal syaratnya belum terpenuhi, demikian juga yang bermodal KTP dan ada praktik money politik," kata dia.

Dalam pilkada yang berlangsung di 101 daerah pada 15 Februari 2017, PKS mengaku turut serta mengusung dan mendukung pasangan calon di 94 daerah. Hasilnya, 52 daerah di antaranya menang atau sekira 55,32 persen.

"Capaian itu meningkat dari Pilkada serentak 2015 yang hanya 52,42 persen," terangnya.

Sohibul menyampaikan syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras membantu memenangkan pasangan calon yang diusung dan didukung PKS.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index