Inhu Kebagian Rp 196 Miliar dari APBD Murni Riau

Inhu Kebagian Rp 196 Miliar dari APBD Murni Riau
ilustrasi

Riauaktual.com  - Kabupaten Inhu memperoleh dana cukup besar dari APBD murni Provinsi Riau tahun anggaran 2017, yakni Rp.196.034.116.618,33. Di mana dana ini akan dialokasikan  untuk kegiatan  pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana lainnya yang menyentuh langsung bagi masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu.

"Terimakasih kepada pemerintah provinsi riau kua pembangunan yang dialokasikan ke Kabupatenm Inhu untuk membangun  berbagai sektor untuk masyarakat Inhu dari rincian APBD Riau 2017  setelah proses verifikasi pihak kementrian untuk Kabupaten Inhu mendapatkan kue pembangunan yang cukup besar," ujar Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Inhu, R. Irwan Toni, Jumat (3/3).

Untuk pelaksanaan kegiatan, ujar politisi Partai PDPI ini, kue pembangunan yang dialokasikan ke Kabupaten Inhu  ada beberapa Satker untuk dilaksanakan kegiatan tahun 2017 yakni untuk bidang sarana pendidikan dan kesehatan sebesar 29 milyar lebih untuk berbagai kegiatan seperti kegiatan pembangunan labor SMPN,pengadaan komputer dan pengadaan jaringan komputer.

Kemudian untuk pembangunan RKB sekolah SD dan pembangunan. RKB SMPN,selanjutnya untuk pengadaan alat dibidang sektor kesehatan di beberapa Puskesmas di Kabupaten Inhu.

Beliau menambahkan, dari daftar rincian APBD Riau tahun 2017 untuk Kabupaten Inhu, Dinas PU dan penata ruang sebesar 111 millyar lebih untuk pembamgunan  jalan dan jembatan serta alokasi dana rehabilitasi/pemeliharaan jalan dan jembatan serta pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi ,rawa dan jaringan pengairan maupun dana penyediaan dan pengelolaan air minum.

Sedangkan alokasi dana untuk dinas perumahan rakyay, dan untuk kawasan permukiman serta cipta karya dan pertanahan sebesar 27 millyar lebih.

Sementara dana untuk rehabilitasi dan pemeliharaan prasarana serta fasilitas maupun anggaran peningkatakam dan pengamanan lalu lintas di dinas perhubungan hanya sebesar 763 juta.

Alokasi dana untuk dinas lingkungan hidup sebesar 141 juta, kegiatan energi dan sumber daya energi sebesar 637 juta, untuk alokasi dinas pendidikan 14 millyar guna program pendidikan khusus dan layanan khusus,termasuk dalam program pendidikan menegah.

Irwan Toni selaku ketua komisi III DPRD Inhu yang membidangi fisik tersebut menerangkan, untuk alokasi dana di dinas kesehatan program pengembangam pendayagunaan sumber daya kesehatan sebesar 6,7 millyar, sedangkan alokasi dana tanaman pangan holtikultura dan perkebunan sebesar sebesar 2,9 millyar.

"Alokasi dana perikanan hanya sebesar 29 juta saja,selain itu alokasi dana bidang sektor peternakan dan kesehatan hewan sebesar 1,5 milliar, kalau alokasi dana program pelayanan dan rehabilitasi kesejahteraan sosial sebesar 321juta lebih." terangnya. (obe)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index