Tahun Ini Pemkab Inhu Bangun Pasar Japura Lirik

Tahun Ini Pemkab Inhu Bangun Pasar Japura Lirik
ilustrasi pembangunan pasar

Riauaktual.com - Pasar lama tepatnya di Desa Japura jalan lintas timur Kecamatan Lirik Kabupaten Inhu, tahun 2017 ini akan dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Inhu melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (disperindagpas) dengan pasar baru dan permanen.

Plt Kepala Disperindagpas Kabupaten Inhu, Dedi Sunardi kepada wartawan ketika dikonfirmasi Selasa (28/2) mengatakan untuk pembangunan pasar Japura tersebut bukan bersumber dari APBD Inhu tapi bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat.

"Besar dana pembangunan pasar Japura yang bersumber dari DAK sebesar Rp 5 miliar, karena bangunan pasar itu dibangun tidak sampai lantai dua tapi hanya lantai satu saja dengan jumlah sebanyak 200 kios," jelasnya.

Sebab, kata dia, menurut pengalaman pasar yang dibangun sampai lantai II, untuk lantai II jarang di tempati oleh pedagang sehingga cukup dibangun sampai lantai satu saja.

Selanjutnya, bangunan pasar Japura yang selama ini masih pasar mingguan nanti dijadikan menjadi pasar harian, mengingat kemajuan perekonomian masyarakat Inhu khususnya masyarakat Kecamatan lirik.

Jadi proses untuk pembangunan pasar Japura Kecamatan Lirik tidak ada masalah sebab usulannya melalui Musrenbang desa hingga Musrenbang kecamatan dan musrembang kabupaten tahun 2016 lalu.

"Kemudian rencana pembangunan pasar Japura pihak Disperindagpas Inhu sudah melakukan sosialisasi terhadap pedagang termasuk melakukan pertemuan seluruh pihak terkait," ucap Dedi. (Obe)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index