Dewan Prihatin, Jalan Lintas Riau-Sumut Rusak

Dewan Prihatin, Jalan Lintas Riau-Sumut Rusak
jalan rusak

Riauaktual.com - Wakil Ketua DPRD Rohil Drs H Syarifuddin MM prihatin melihat kerusakan Jalan Lintas Riau-Sumut yang berada di kepenghuluan Bagan Batu Barat, kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir. Oleh karena itu, semua akan diperjuangkan semaksimal mungkin sesuai tugas pokok dan fungsi dewan.

 

"Pemeliharaan kerusakan jalan Lintas Riau-Sumut itu tanggung jawab pihak Pusat melalui Provinsi Riau dan bukan kewenangan kita di Rohil maupun tugas DPRD Rohil," kata Wakil DPRD Rohil politisi PKB Rohil kepada Riauaktual.com, Senin (27/2).

"Kita sudah sering mengajukan kepada mereka melalui rapat di Dinas Binamarga karena mereka lebih tahu untuk menyampaikan kepada Provinsi Riau maupun Pusat kerusakan jalan tersebut," jelasnya.

Ia juga mengatakan, kalau biaya perbaikan diambil melalui APBD Rohil tentunya harus ada pertangungjawaban. "Kalaupun ada itu hanya kebijakan Bupati dan Wakil Bupati Rohil. Dan itu hanya bisa diambil dana dari pemeliharaan jalan di tingkat Kabupaten. Dan punya dana pemeliharaan itu adalah mereka (eksekutif, red) dan kami Wakil maupun Anggota DPRD Rohil tidak ada wewenang. Dan diberita saya baca, sudah pernah ditinjau wakil Bupati, bagaimana untuk kelanjutannya, saya kurang tahu," katanya.

Menurut Syarifuddin, DPRD Rohil ini hanya membentuk aspirasi apapun yang menjadi kebutuhan masyarakat saja. Tetapi yang jelasnya untuk jalan lintas ini tanggung jawab sepenuhnya di tangan Pemerintah Pusat melalui dana APBN. Seharusnya tiap kecamatan dan Kabupaten ada tugas pemantau untuk kerusakan jalan Lintas Riau - Sumut ini.  "Jika ada rusak sedikit itu wajib diperbaiki. Tapi kita tak tahu kenapa bisa terjadi seperti ini kerusakan jalan semakin parah khususnya lintas Riau-Sumut di wilayah Kabupaten Rokan Hilir," katanya.

Dengan demikian, ia meminta agar secepatnya Pemerintah Pusat maupun Provinsi Riau untuk melakukan perbaikan jalan lintas Riau-Sumut ini. Parahnya lagi, kerusakan jalan itu di Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah dan sudah berapa banyak mobil terbalik akibat masuk lobang dan kendaraan bermotor. "Apa lagi ini menyangkut keselamatan, kecelakaan dan nyawa. Ini jalan lintas sangat rawan kecelakaan bila tidak cepat di timbun lobang yang menganga," pintanya.

Menurut Wakil Ketua DPRD Rohil ini, kalau rasa keperhatianannya bukan hanya di jalan lintas saja di perhatikan. Namun semua jalan di Rokan Hilir ini menjadi keprihatinan dan sudah banyak yang rusak.  "Ini sudah masanya untuk di perbaiki kerusakan jalan tersebut. Dan bukan hanya di jalan lintas saja. Seperti Jalan Annas Mammun Bangko Pusako dan Jalan Lintas Bagan Siapiapi perlu perhatian juga karena sudah banyak yang rusak parah," pungkasnya. (Dod)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index