Kemenag: CJH Wajib Lolos Tes Kesehatan

Kemenag: CJH Wajib Lolos Tes Kesehatan
ilustrasi

Riauaktual.com - Sebanyak 382 orang Calon Jemaah Haji (CJH) asal Rokan Hilir telah mulai dilakukan pemeriksaan kesehatan tahap pertama mulai tanggal 27 Februari hingga 4 Maret 2017 mendatang. Pemeriksaan kesehatan tersebut akan dilaksanakan di Puskesmas masing-masing Kecamatan se-Rokan Hilir yang ditunjuk oleh Dinas Kesehatan.

Hasil tes kesehatan tersebut merupakan syarat mutlak bagi CJH yang akan berangkat pada musim haji tahun 2017. Bagi yang tidak lolos tes kesehatan maka CJH bersangkutan tidak bisa berangkat. "Sebab hasil tes inilah nanti untuk mengisi buku kesehatan yang diwajibkan kepada masing-masing Calon jemaah haji, misalkan tes darah, air seni, dan lain sebagainya," kata Kepala Kementrian Agama Rokan Hilir melalui Kepala Urusan Haji Rohil H Hasbullah SAg melalui ponselnya, Senin (27/2).

Dalam pemeriksaan tersebut tidak terkecuali CJH yang sudah pernah haji juga akan mengikuti pemeriksaan oleh tim kesehatan yang telah dibentuk oleh Dinas Kesehatan. Sementara terkait biaya pemerikasaan ditanggung sendiri oleh CJH dan boleh menggunakan Askes atau BPJS.

Menurut H Hasbullah dasar pemeriksaan mencakupi berbagai hal yang mencakupi terutama bagi wanita hamil dan penyakit yang diderita oleh para CJH. Masing-masing CJH agar bisa menunjukkan persyaratan yang telah diberikan pada saat pemeriksaan.

Selanjutnya pemeriksaan ini sebagai bagian tahapan penting yang harus dilalui untuk keberangkatan haji tahun 2017. Pemeriksaan kesehatan calon haji tahap pertama sangat penting dilakukan. "Ini untuk mengetahui sejauh mana tingkat kesehatan mereka serta upaya penilaian status kesehatan pada seluruh jamaah haji," katanya.

Dikatakannya, data kesehatan calon jemaah haji yang didapatkan dengan menggunakan metode pemeriksaan medis yang dibakukan sebagai upaya perawatan dan pemeliharaan, serta pembinaan dan perlindungan terhadap calon jamaah haji.Berdasarkan kuota tahun 2017, sebanyak 282 calon hamaah haji secara bertahap akan diperiksa kondisi kesehatanya oleh tim pemeriksa kesehatan di Puskesmas yang ditunjuk Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Rokan Hilir. (Zai)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index