Disdik Pekanbaru Usulkan 32 Sekolah Untuk Pelaksanaan UNBK

Disdik Pekanbaru Usulkan 32 Sekolah Untuk Pelaksanaan UNBK
ilustrasi

Riauaktual.com - Mendekati pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru mengusulkan 32 SMA dan SMK untuk dijadikan tempat pelaksanaan UNBK.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdik Kota Pekanbaru, Mujailis, mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengusulkan 32 sekolah yang lokasinya berada disekitar SMP,  untuk dijadikan tempat pelaksanaan UN kepada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

"Sekolah SMA dan SMK yang berada di radius 5 kilometer dari gedung SMP, akan kita pinjam untuk digunakan untuk melaksanakan UN," ujarnya, Senin (27/2).

Mujailis menambahkan, untuk pelaksanaan UN tersebut. Pihaknya sudah melakukan verifikasi terhadap 32 sekolah tersebut. Verifikasi dilakukan untuk mengecek kesiapan sekolah SMA dan SMK yang akan dijadikan sebagai tempat UN SMP nanti.

"Pengecekan yang dilakukan seperti jumlah ketersediaan komputer dan ruangan yang akan dijadikan UNBK dengan jumlah siswa SMP yang akan menumpang UN di sekolah tersebut. Jadi 32 sekolah ini sudag memenuhi syarat," jelasnya.

Untuk memastikan sekolah yang diusulkan tersebut akan dijadikan tempat UN SMP, Mujailis mengaku jika pihaknya belum bisa memastikan. Kerena masih menunggu hasil keputusan dari pihak kementrian.

"Nanti akan ada tim dari kementrian untuk melakukan verifikasi. Kalau disetujui, baru bisa kita umumkan nama-nama sekolah yang akan dijadikan tempat pelaksanaan UNBK SMP," ujarnya.

Mujailis menambahkan, setelah diketahui dan setujui sekolah untuk dijadikan tempat pelaksanaan UNBK SMP. Maka pihak Disdik akan melakukan tray out dan simulasi di sekolah yang bersangkutan.

"Kita masih menunggu keputusan dari pusat. Kalau sudah keluar, maka akan kita lakukan simulasi di SMA dan SMK yang akan dijadikan lokasi pelaksanaan UNBK," kata dia.

Seperti diketahui, untuk pelaksanaan UNBK SMP sendiri dijadwalkan bakal dilaksanakan pada tanggal 2 Mei mendatang. Sedangkan untuk UN SMA sederajat akan dijadwalkan tanggal 1 April mendatang. (Yan)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index