Jaring Siswa Riau, UNS Sosialisasi ke Pekanbaru

Jaring Siswa Riau, UNS Sosialisasi ke Pekanbaru
sosialisasi UNS

Riauaktual.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau menggelar sosialisasi seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret (UNS), Senin 27 Februari 2017. Puluhan siswa, guru dan kepala sekolah hadir dalam kegiatan yang ditaja di Aula Disdik tersebut.

Dalam acara itu, Kasi Pembelajaran Bidang SMA Disdik Riau, Masdar mewakili Kepala Disdik Riau menyambut kehadiran Wakil Rektor Bidang Akademik UNS, Prof Sutarno dan rombongan.

“Kami menyambut baik upaya memberi informasi pada siswa ini. Diharap, kepala sekolah, majelis guru maupun siswa bisa mendapat informasi dengan baik. Kalau ada yang tidak dimengerti, bertanyalah,” kata Masdar.

Dengan kehadiran UNS, diharap menambah referensi masyarakat dalam memilih perguruan tinggi.  untuk melanjutkan pendidikannya. Termasuk kepada guru yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau S3.

Sementara, Prof Sutarno mengapresiasi sambutan Disdik terhadap sosialisasi yang mereka lakukan. Menurut dia, sosialisasi seperti ini memang rutin mereka lakukan setiap tahun di sejumlah provinsi di Indonesia. Diharapkan, dalam penerimaan mahasiswa baru, ada perwakilan dari tiap provinsi. Termasuk dari Riau.

“Tiap tahun memang selalu kami usahakan ada minimal dua orang perwakilan provinsi di Indonesia. Hal ini kami lakukan agar mahasiswa UNS beragam,” kata dia. Bahkan saat ini, ada mahasiswa dari 39 negara asing.

Dijelaskan dia, tiap tahun peminat UNS memang tergolong banyak. Buktinya, tahun 2016 saja, jumlah pendaftar di UNS mencapai 202 ribu. Padahal yang diterima hanya 6.126 orang.

 “Kami banyak program. Dimana untuk S1 ada 6.254 orang yang dijaring SMPTN, SBMPTN dan ujian mandiri. Sementara untuk ujian mandiri, syaratnya harus sudah ikut SBMPTN di UNS,” kata dia.

Bagi yang mau meneruskan ke jenjang S2 dan S3 juga dipersilakan. Karena saat ini, perusahaan rangking 568 dunia dan nomor 3 nasional versi 4 International Colleges and Universities ini sudah ada 40 jurusan S2 dan 20-an jurusan S3.

Sementara itu, UNS sangat peduli pada mahasiswa berprestasi tapi kurang mampu. Beasiswa itu bsrsumber dari pemerintah, serta hasil kerjasama antara perguruan tinggi dengan swasta.

Bagi calon mahasiswa yang berkebutuhan khusus diberikan pendampingan selama mengikuti seleksi. Mereka juga diberi pendampingan saat diterima sebagai mahasiswa di UNS. (mad)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index