Dewan Harapkan Pemko Pekanbaru Beri pelatihan Khusus Usaha Mikro Kecil

Dewan Harapkan Pemko Pekanbaru Beri pelatihan Khusus Usaha Mikro Kecil
ilustrasi

Riauaktual.com - Anggota Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Ferry Sandra Pardede SE MPd mengharapkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah untuk dapat meningkatkan kreatifitas dan memberi pelatihan khusus pada setiap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Kota Pekanbaru.

"Pemerintah Kota melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah untuk dapat meningkatkan kreatifitas produksinya, mulai dari kualitas dan bentuk kemasan yang akan dijual di pasaran, yakni dengan cara memberi pelatihan dan pembelajaran kepada setiap UMKM yang ada untuk meningkatkan daya saing dan nilai jual di pasaran," ucap Ferry, kepada wartawan, Senin (27/2).

Menurut Politisi Hanura tersebut, saat ini mulai dari tingkat kelurahan sudah ada anggaran yang memberi pinjaman kepada UMKM dengan program ekonomi kerakyatan, termasuk adanya pihak bank yang memberi kemudahan dengan kredit usaha rakyat (KUR)-nya dengan bunga yang lunak.

"Seharusnya semua kemudahan yang telah disediakan oleh pemerintah dan pihak swasta tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat yang memiliki UMKM untuk meningkatkan mutu kualitas terhadap produk yang dihasilkan sehingga harga jualnya bisa bersaing dengan produk-produk lainnya buatan pabrik," tuturnya.

Untuk itu, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Pekanbaru harus kembali mendata setiap masyarakat yang berhak untuk mendapatkan bantuan dan pelatihan terhadap peningkatan usaha yang dilakukan masyarakatnya.

"Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Pekanbaru harus dapat mendata dan melihat siapa saja yang berhak serta berkompeten untuk menerima bantuan dan pelatihan dari pemerintah, dengan melihat langsung dan mengambil data pada kelurahan-kelurahan," ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada ritel-ritel moderen dan swalayan yang ada di Kota Pekanbaru untuk dapat bekerja sama dalam melakukan pemasaran setiap produk yang dihasilkan dari UMKM masyarakat dengan menjual dan memasarkan produk lokal pada setiap ritel yang ada, hal ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Ritel-ritel modern dan swalayan hendaknya bekerja sama dengan UMKM yang ada, untuk dapat memasarkan semua produk-produk lokal, guna meningkatkan perekonomian masyarakat," tandasnya. (DWI)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index