Disperindag sebut Peminat Daging Sapi di Pekanbaru Masih Tinggi

Disperindag sebut Peminat Daging Sapi di Pekanbaru Masih Tinggi
ilustrasi

Riauaktual.com - Sesuai data dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pekanbaru, jual beli daging sapi perharinya mencapai 15 ton lebih, dengan jumlah penduduk mencapai 1 juta.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindag  Kota Pekanbaru, Mas Irba H Sulaiman, ketika dihubungi, Minggu (26/2) melalui telpon seluler menyebutkan jika konsumsi daging sapi di Pekabaru saat ini terbilang tinggi.

"Kalau jumlah konsumsi masyarakat Pekanbaru terhadap daging, rata-rata 30 ekor sapi hidup per harinya ini sudah terbilang tinggi dengan jumlah penduduk yang mencapai 1 juta jiwa,"ujarnya.

Irba menambahkan, jumlah konsumsi daging ini diketahu dari jumlah A pemotongan sapi atau kerbau di Rumah Potong Hewan (RTH) Pekanbaru. Bahkan angka tersebut akan naik signifikan saat momen hari-hari besar keagamaan.

"Pada hari-hari besar keagamaan seperti masuknya bulan suci Ramadhan hingga lebaran Idhul Fitri yang bisa sampai 100 ekor sapi per harinya," katanya.

Sedangkan harga daging sapi di Pekanbaru sendiri masih berkisar Rp 110 ribu hingga 120 ribu per kg. Kebanyakan daging sapi di beli usaha kuliner atau rumah makan. Masih tingginya harga daging sapi diakibatkan panjangnya rantai distribusi.

"Sapi yang masuk ke Pekabbaru ini masih didominasi Provinsi tetangga yakni Lampung dan Sumbar. Hal inilah yang menyebabkan panjang rantai distribusinya, makanya daging sapi tersebut cendrung mahal,"tutupnya. (yan)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index