Mengenal Prof DR. Hj. Irda Fidrianny Apt, Guru Besar ITB Asal Riau

Mengenal Prof DR. Hj. Irda Fidrianny Apt, Guru Besar ITB Asal Riau
Prof DR. Hj. Irda Fidrianny Apt duduk paling kiri pada Foto keluarga pasangan H. Ibrahim Arsyad SH (alm) dan Prof. Hj. Aswarni Adam SH. Berdiri paling

Riauaktual.com - Prof DR. H. Irda Fidrianny Apt, Jumat kemarin dikukuhkan sebagai Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB). Professor Irda Fidrianny merupakan anak jati Riau yang merupakan putri pertama dari pasangan almarhum H. Ibrahim Arsyad SH (Walikota Pekanbaru 1981-1986) dan Prof Hj. Aswarni Adam SH (Guru Besar Wanita Pertama di Riau).

Prof DR. Irda Fidrianny adalah kakak dari DR. Irvandi Gustari yang dikenal sebagai Direktur Utama Bank Riau Kepri.

Menurut cerita sang ibunda, Prof Hj. Aswarni Adam SH bahwa Irda Fidrianny dilahirkan 22 Februari 1963 dan selalu meraih Juara Umum dari sejak SD sampai Perguruan Tinggi.

Prof. DR. Hj. Irda Fidrianny menamatkan SD pada SD Yos Sudarso - Padang, Sumatera Barat tahun 1976 dan SMP Santa Maria Pekanbaru Riau tahun 1979, SMA Santa Maria Pekanbaru tahun 1982. Kesemuanya dengan predikat ranking Juara Umum.

Irda melanjutkan pendidikan ke ITB dengan status mahasiswa undangan dan masuk ke Fakultas Farmasi ITB tahun 1982. Selanjutnya Irda melanjutkan S2 di ITB juga dan berkarir sebagai Dosen di almamaternya tersebut.  

Tahun 1992 telah menyelesaikan pendidikan Doktornya di ITB juga dan sampai saat ini berkarir sebagai Dosen di ITB dan berbagai jabatan structural di ITB.

Menurut Ibunda Prof Hj. Aswarni Adam SH, ini semua adalah nikmat Allah dan menurut penjelasan ibunda, bahwa Prof Dr Irda Fidrianny memiliki adik sebanyak 4 orang, yaitu adik kedua  Ir Hj. Irda Meirina (alumni ITB Arsitek lulusan tahun 1987, berkarir di Chevron -Jakarta), adik ketiga  DR H. Irvandi Gustari SE.MBA (lulusan S3 IPB, saat ini Direktur Utama PT Bank Riau Kepri), adik ke empat, H. Irvandi Ferizal,  S Psi. (lulusan UNPAD Psikologi tahun 1991, saat ini Direktur pada Bank Maybank), yang bungsu Hj. Irda Anggreniy SE.MM (lulusan S2 di MM ITB, saat ini berkarir di bagian Treasury Bank Riau Kepri).

"Irda Fidrianny selalu menjadi inspirasi dalam hal pendidikan bagi adik-adiknya," ujar Prof Aswarni Adam, Sabtu kemarin.

Kedua putra dari Prof DR Irda Fidrianny ini juga alumni dari Fakultas Perminyakan ITB dan Fakultas Arsitektur ITB.

Riau kembali berbangga, putri daerahnya bisa dan mampu berkiprah dan menjadi Guru Besar pada Universitas paling terkemuka di Indonesia. (Dr/jef)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index