Maret Riau Sudah Punya Wakil Gubernur

Maret Riau Sudah Punya Wakil Gubernur
ilustrasi

Riauaktual.com - DPRD Provinsi Riau menargetkan proses pemilihan Wakil Gubernur Riau (Wagubri) selesai pada bulan Maret mendatang. Apalagi, nama-nama calon wagubri sudah diterima DPRD Provinsi Riau, tinggal DPRD Provinsi Riau memproses pemilihan dan penetapan wagubri pendamping Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman itu.

"Paling lama Maret ini sudah dapat diselesaikan (penetapan wagubri)," ungkap Wakil Ketua DPRD Riau Manahara Manurung kepada wartawan, Jum'at.

Manahara mengatakan, mekanisme pemilihan Wagubri sudah dilakukan DPRD Riau. DPRD juga telah melakukan rapat badan musyawarah (banmus) dan menjadwalkan paripurna penyampaian hasil revisi tata tertib (tatib) pemilihan wagubri akan digelar pada  Senin (27/2) pekan depan.

"Senin pekan depan, banmus sudah mengagendakan paripurna penyampaian revisi tatib pemilihan wagubri, kemudian dilanjutkan dengan pembentukan pansel, kemudian pansel yang akan mengatur teknis tahapan pemilihan di rapat paripurna DPRD Riau," terang Manahara.

Sementara itu fraksi-fraksi di DPRD menyerahkan kepada anggota DPRD Riau untuk menentukan pilihan siapa yang akan dipilih menjadi Wakil Gubernur Riau (wagubri) dalam pemilihan di DPRD Provinsi Riau. Pasalnya, fraksi-fraksi menilai hak setiap wakil rakyat untuk memilih wagubri yang akan mendampingi Arsyadjuliandi Rachman.

Fraksi-fraksi juga menegaskan tidak ada arahan kepada anggota DPRD Riau untuk memilih salah satu calon wagubri. Wagubri terpilih nantinya adalah calon yang berhasil mendapat pilihan suara terbanyak dari anggota DPRD Provinsi Riau.

"Tidak ada arahan dari partai untuk mengarahkan suara ke calon tertentu, setiap anggota dewan bebas untuk memilih dan hak itu diserahkan penuh kepada setiap anggota fraksi untuk memilih satu dari dua nama calon tersebut," ungkap Ketua Fraksi Golkar DPRD Provinsi Riau, Supriati kepada wartawan.

Senada disampaikan Sekretaris Fraksi PPP DPRD Riau Husaimi Hamidi. Kendati, fraksi menyerahkan pilihan kepada setiap anggota fraksi, namun wakil rakyat tetap diharapkan supaya dapat memilih wagubri yang terbaik. Kemudian, visi misi dan kemampuannya serta pengalaman kedua calon wagubri baik dinilai baik bidang pemerintahan dan politik.

"Kita tidak mau gubri nanti tidak didukung wakilnya, nantinya wagubri harus dapat lebih mendorong laju pembangunan Riau lebih cepat," pungkas Husaimi. (rud)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index