Bicara kepada Anak soal Ini agar Mereka Sukses pada Masa Depan

Bicara kepada Anak soal Ini agar Mereka Sukses pada Masa Depan
ilustrasi

Riauaktual.com - Ada banyak informasi yang didapat orangtua untuk membesarkan anak, entah dari buku, internet, atau saran teman. Selebihnya orangtua mengikuti perintah naluri batin untuk mendidik anak.

Semua hal yang dilakukan orangtua, hanya agar anak sukses pada masa depan. Dari begitu banyak pemikiran dan cara mendidik, cobalah bicarakan dengan cara ini kepada anak agar mereka sukses, seperti dikutip Lifehack, Kamis (23/2/2017)

Bangun pola pikir yang matang

Tanamkan kepada anak tentang proses belajar bukan hasil. Sangat tipis hasilnya ketika orangtua bermaksud agar anak belajar proses tetapi yang terjadi anak bertumpu pada hasil. Pujian adalah cara yang bisa dilakukan agar anak belajar dari proses yang dijalani. Sehingga mereka tak akan pernah merasa gagal. Anak akan terus berusaha dan mencoba. Sementara, jika yang ditanamkan adalah hasil anak akan cepat gagal ketika targetnya tak terpenuhi.

Bicara seperti ini

Perkembangan pola pikir adalah tentang penekanan pada kemampuan anak, bukan seberapa cerdas atau pintarnya si kecil. Misalnya, “Kamu bisa menjawab dengan baik, kamu sangat pintar.” Atau “Hasil yang bagus, apakah kamu siap dengan pertanyaan yang lebih menantang? Ibu pikir kamu bisa melakukannya.”

Pentingnya perkembangan pola pikir

Dr Carol Dweck adalah pelopor terkemuka dalam hal penelitian pola pikir di Stanford University dan dipercaya bahwa pola pikir pertumbuhan sangat penting dalam dorongan, keyakinan dan hasil akhir berupa kesuksesan. Ketika seorang anak mencoba melakukan sesuatu untuk pertama kalinya, pikiran mereka tidak terikat dengan seberapa baik melakukan tugas atau seberapa pintar mereka. Hal terpenting adalah ada kesempatan tak terbatas untuk mencoba dan mencoba lagi. Itulah mengapa penting memberikan semangat dan kata-kata positif.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index