Tips Mengetik Cepat Menggunakan Smartphone

Tips Mengetik Cepat Menggunakan Smartphone
lustrasi (Foto: Thehealthsite)

Riauaktual.com - Untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu, pengguna dituntut untuk bisa cepat mengetik di smartphone Android. Diambil dari berbagai sumber, berikut ini tips agar pengguna bisa mengetik cepat tanpa banyak melakukan kesalahan atau typo.

Periksa Keyboard

Beberapa produsen ponsel mengusung keyboard bawaan yang berbeda-beda. Keyboard di smartphone Android aktif secara default dan pengguna bisa menambahkan pilihan lain dengan mengunduhnya di Play Store.

Beberapa keyboard yang populer di Play Store antara lain Google Keyboard, Swiftkey, atau Swype. Setiap keyboard memiliki keunggulannya masing-masing dan tampilan yang berbeda, maka pengguna disarankan memakai keyboard yang paling nyaman dan paling mudah dikuasai.

Maksimalkan Dua Jempol

Semakin besar layar, umumnya semakin membantu pengguna untuk mengetik huruf tanpa harus salah menekan tombol atau typo. Untuk mengetik dengan cepat, tentunya pengguna perlu membiasakan dan memaksimalkan dua jempol ketimbang satu jempol.

Pakai Fitur Koreksi Otomatis

Pengguna bisa memanfaatkan fitur koreksi otomatis, yakni menampilkan setiap kata yang sering dipakai atau mendekati kata yang ingin diketik. Fitur tersebut juga memperbaiki kata yang typo.

Manfaatkan Prediksi Otomatis

Fitur prediksi otomatis bisa diaktifkan dalam pengaturan keyboard. Dengan fitur ini, pengguna hanya perlu mengetikan beberapa huruf, maka huruf selanjutnya sudah tersedia. Membiasakan dengan cara ini memudahkan pengguna untuk bisa mengetik cepat.

Download Bahasa

Pengguna harus memastikan bahwa bahasa sehari-hari yang sering digunakan, misalnya bahasa Indonesia, maka pengguna perlu mengunduh bahasa di menu pengaturan keyboard. Ini akan membantu untuk memaksimalkan pengguna fitur koreksi otomatis serta prediksi kata.

Manfaatkan Fitur Voice Typing

Lebih mudah dan cepat mengucap kata ketimbang mengetik, maka fitur pada smartphone memungkinkan untuk mengubah suara menjadi teks. Dengan demikian, hal ini akan membantu Anda untuk cepat membuat sebuah tulisan.

Fitur ini umumnya ditandai dengan tombol berlogo mikrofon. Ketika Anda menyentuh tombol tersebut, maka Anda bisa memulai mengucap kata-kata.



Sumber : okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index