Dunia Usaha Berperan Dongkrak Sektor Pariwisata Riau

Dunia Usaha Berperan Dongkrak Sektor Pariwisata Riau
istana siak

Riauaktual.com -  Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pariwisata terus menggelorakan potensi destinasi wisata daerah. Salah satu langkah positif yaang dilakukan adalah dengan menggandeng dunia usaha.

Langkah ini dilakukan karena dunia usaha juga berperan positif dalam mendorong sektor pariwisata. Dalam implementasinya, Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau mengumpulkan para pelaku dunia usaha dibidang perhotelan, biro perjalanan, pemandu wisata dan Spa.

Wujud sinergitas itu dilakukan dengan menggelar pertemuan di ruang rapat Kantor Dispar Riau, Komplek Anjung Seni Idrus Tintin, Jalan Sudirman Pekanbaru. Rapat yang dipimpin Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Provinsi Riau, Fahmizal Usman, dihadiri 101 orang undangan. Rinciannya, 97 orang dari usaha perhotelan dan 4 orang dari asosiasi yang terkait dengan pariwisata.

Mantan Kepala Biro Humas Setdaprov Riau itu menilai sinergitas itu tentunya sangat diperlukan. Untuk itu kompetensi di bidang pariwisata bertujuan untuk memberikan pengakuan terhadap kompetensi yang dimiliki tenaga kerja dan meningkatkan kualitas serta daya saing tenaga kerja, dan meningkatkan kualitas pelayanan.

"Makanya kita terus jadi sinergitas. Misalnya kegiatan ini sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan dan Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia nomor 52 tahun 2012 tentang sertifikasi kompetensi dan sertifikasi usaha di bidang pariwisata," kata Fahmizal.

Semangat ini tambahnya sangat diperlukan dalam menghadapi persaingan tenaga kerja tingkat nasional maupun internasional, dan upaya untuk meningkatkan kepariwisataan, produktivitas usaha pariwisata serta meningkatkan pelayanan kepada wisawatan yang datang ke bumi Melayu ini. (dr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index