Petani Cabai di Mandau Gagal Panen

Petani Cabai di Mandau Gagal Panen, Butuh Perhatian dari Pemerintah

Petani Cabai di Mandau Gagal Panen, Butuh Perhatian dari Pemerintah
kebun cabe

Riauaktual.com - Akibat faktor cuaca yang tidak mendukung, para petani di KUD jalan Rangau KM 15 Desa Petani, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis mengalami kerugian akibat gagal panen.

Pantauan Riauaktual.com, hari ini di lokasi, kurang lebih 5 Hektar lahan yang ditanami cabai dan dikelola para petani secara perorangan mengalami gagal panen akibat cuaca yang tidak mendukung.

Dalam Hal ini ternyata bukan hanya saja dikarenakan faktor cuaca yang sering menyebabkan hasil tanaman para petani di KM 15 jalan Rangau mengalami gagal panen dan menjadi keluhan para petani.

"Namun kurangnya perhatian dan penyuluhan dari pemerintah kepada petani di desa petani tersebut juga menjadi keluhan oleh para petani. Sehingga para petani di KM 15 jalan rangau desa petani sangat mengharapkan peran pemerintah daerah kepada petani di kecamatan mandau ini," katan Putra, salah seorang petani, kemarin.

Dia mengatakan, sebenarnya saat ini petani sudah bisa memanen kcabainya. Tapi, karena faktor cuaca, banyak petani yang mengalami kerugian karena hasil yang didapat tidak sesuai dengan yang diharapkan.

"Untuk cabai saja saat ini yang gagal panen itu kalau tidak salah kurang lebih 5 hektar yang tidak bisa di panen. Itu baru cabai saja, belum tau yang lainnya entah berapa banyak lagi yang gagal panen," ucapnya.

Putra menyebutkan, gagal panen ini bukan kali pertama terjadi, akan tetapi sudah sering. Disisi lain petani di desa petani ini bukan per kelompok dalam pengelolaannya.

"Kita butuh perhatian dan peran pemerintah dalam masalah pertanian di desa kita ini. Karena potensi pertanian di wilayah mandau ini sangat besar dengan banyaknya lahan lahan pertanian yang diolah masyarakat. Hasil pertanian yang dihasilkan dari desa petani juga sangat banyak. Seperti cabai, semangka, sayur mayur, dan lainnya. Untuk itu petani di desa kita ini perlu adanya bimbingan dari pemerintah," harapnya.(ari)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index