Penetapan Anggota Dewan Pendidikan Dinilai Janggal

Penetapan Anggota Dewan Pendidikan Dinilai Janggal
ilustrasi

Riauaktual.com - Dari 11 nama anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) serta cadangan 11 lainnya, ditetapkan Plt Bupati Rohul, H.Sukiman Kamis pekan lalu , diduga adanya kejanggalan.

Diduga adanya kejanggalan, ditegaskan salah seorang peserta calon Dewan Pendidikan Rohul, Jupendri, S.Pd. M.Pd, yang ikut mencalonkan diri melalui unsur pendidikan non formal di kecamatan Rambah. Tetapi, pada tahap seleksi 29 besar dirinya tidak diloloskan oleh panitia seleksi (pansel) karena dirinya tidak mendapat rekomendasi lembaga tingkat kabupaten.

“Jelasnya saya kecewa ke pansel. Karena, saat pendaftaran diawal dulu tidak ada dipersyaratkan bahwa rekomendasi harus dari tingkat kabupaten. Namun di tengah perjalanan panitia membuat perubahan. Saya tidak bisa lolos dalam tahap berikutnya. Pansel tidak bekerja profesional,” kata Jupendri, Sabtu kemarin.

Bahkan Jupendri menilai, pansel sengaja “menjegal” dirinya untuk tidak bisa menjadi Dewan Pendidikan Rohul. Sedmentara, dirinya sangat ingin ikut berperan memajukan dunia pendidikan di Rohul, melalui wadah Dewan Pendidikan Rohul.

“Sepertinya, wajah anggota dewan pendidikan Rohul terpilih merupakan orang titipan pansel. Namun sudahlah kita melihat bagaimana kedepan kinerja mereka nantinya,” sebut Jupendri, lulusan S2 jurusan pendidikan non formal.

Juga ditegaskan peserta calon anggota dewan pendidikan Rohul lainnya, Ari Gunawan S.  Dirinya satu-satunya perwakilan organisasi wartawan lokal di kabupaten Rohul yang aktif bertugas menjalankan fungsi jurnalistik di Rohul.

“Namun kenapa insan pers tidak masuk ke dalam anggota dewan pendidikan. Apalagi peranan pers sangat besar dalam mendokumentasikan maupun, mempublikasikan kegiatan dewan pendidikan?,” kata Ari Gunawan.

Lanjutnya lagi, dimana fungsi Dewan pendidikan yakni menyiapkan sarana dan prasarana untuk kemajuan pendidikan. Sehingga insan pers yang sudah direkomendasikan organisasi wartawan lokal, berarti sudah menyiapkan wadah banyak media untuk mengkomunikasikan kegiatan dewan pendidikan, namun bisa tidak dilibatkan. (hum)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index