Buka Rakornis Ketenagakerjaan

Gubri Minta Penyusunan Program Ketenagakerjaan 2018 Bisa Bersinergi

Gubri Minta Penyusunan Program Ketenagakerjaan 2018 Bisa Bersinergi
Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman hadiri Rakor dan Sinkronisasi Program Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian

Riauaktual.com - Rapat Koordinasi dan Teknis Program kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sengaja di gelar di kabupaten/kota di Riau, Sabtu kemarin, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman langsung membuka Rakornis ketenagakerjaan tersebut. Gubri mengharapkan penyusunan program ketenagakerjaan tahun 2018 dapat bersinergi dengan upaya memajukan investasi di wilayah Riau.

“Rakornis ini diharapkan ada program untuk meningkatkan daya saing masyarakat dalam menghadapi perkembangan dunia usaha dan mendorong lebih maju sektor investasi daerah,” ujar Gubri.

Gubernur optimis dengan tingginya pertumbuhan penduduk Riau, dapat diikuti meningkatnya perekonomian daerah dengan mengembangkan sektor lain di luar migas dan perkebunan yang sudah maju.

“Kita perlu bersinergi dengan pemerintah pusat, provinsi kabupaten/kota  dalam pengembangan investasi, namun demikian standar kompetensi di bidang ketenagakerjaan mesti disiapkan sehingga ketika investasi datang kita siap,” jelas Gubri.

Gubri Menjelaskan penyediaan lembaga pendidikan untuk peningkatan bagi sumber daya manusia diharapkan menjadi penyeimbang tingginya tingkat pertumbuhan penduduk dan migrasi.

Sementara, Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo menyambut baik pelaksanaan rakornis ini karena bisa saling berbagi dan merumuskan program kerja mendukung produktivitas tenaga kerja dan meningkatkan jumlah manusia berkualitas.

Persoalan tenaga kerja yang kerap dihadapi daerah sejauh ini ialah jumlah pencari kerja besar dan tidak sebanding dengan penyediaan lapangan kerja, sehingga diperlukan upaya nyata dari pemerintah untuk mengatasi hal itu.

“Pemerintah Dumai mengapresiasi rakornis ini dan berharap dapat meningkatkan koordinasi dan pemahaman dalam menuju program pembangunan daerah, disamping juga ada solusi atas persoalan ketenagakerjaan yang dihadapi sejauh ini,” ujar wawako.

Rakor ketenagakerjaan diikuti oleh seluruh dinas ketenagakerjaan, transmigrasi dan kependudukan kabupaten/kota se Riau. (yai)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index