Hanya Satu Puskesmas di Siak yang Terakreditasi

Hanya Satu Puskesmas di Siak yang Terakreditasi
ilustrasi

Riauaktual.com - Dari 15 Puskesmas yang ada di Kabupaten Siak, hanya satu Puskesmas yang terakredetasi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, yakni Puskesmas di Kecamatan Siak.

“2016 lalu, kita mengajukan 3 Puskesmas ke Kemenkes, yakni Puskesmas Siak, Bungaraya dan Tualang, namun hanya Puskesmas Siak yang terakreditasi,” kata kepala dinas kesehatan Siak Toni Chandra, dilansir dari infosiakcom, kemarin.

Kata Toni, hal itu dikarenakan petugas yang mengakreditasikan Puskesmas Tualang dan Bungaraya tidak datang, dengan alasan tidak jelas.

“Saya juga heran, Puskesmas pun yang menilai harus dari Jakarta. Semestinya kan dari Dinas Kesehatan Provpinsi. Tapi mau buat bagaimana lagi, karena itu sudah peraturan dari kementerian,” keluh Toni.

Sebenarnya dalam aturan Kemenkes kata Toni, setiap satu tahun sekali, satu Puskesmas harus terakreditasi. Tapi, pihaknya juga harus membutuhkan kesiapan dan persedian yang matang. “Kadang kita sudah siap, mereka belum siap, atau sebaliknya,” lanjutnya.

Anggaran penilaian bersumber dari dana APBN. Satu puskesmas menghabiskan anggaran sebesar Rp 150 juta. Untuk tahun 2017, Dinas Kesehatan Siak berencana mengajukan 4 Puskesmas untuk diakreditasikan. Di antaranya, Puskesmas Kecamatan Dayun, Lubuk Dalam, Sungai Apit dan Kandis.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index