Pesawat N245 berteknologi kecepatan super cepat

Pesawat N245 berteknologi kecepatan super cepat
Pesawat N245 buatan PT Dirgantara Indonesia

Riauaktual.com - Pesawat N245 buatan PT Dirgantara Indonesia (DI) memiliki kecepatan supercepat yakni mencapai 500 kilometer/jam dan rencananya prototipe N245 akan dirilis tahun ini, yang merupakan pengembangan dari pesawat CN235.

"Cruise speed 270 knots atau sekitar 500 km per jam. Range-nya 600 nm sekitar 1.100 km," kata Direktur Produksi PT Dirgantara Indonesia (PTDI) Arie Wibowo seperti dikutip bumn.go.id, hari ini.

Seperti diketahui pemerintah memasukkan produksi dua pesawat nasional dalam proyek strategis nasional pemerintahan Jokowi-JK. Pesawat itu adalah N245 buatan PT Dirgantara Indonesia dan R80 buatan PT Regio Aviasi Industri (RAI), perusahaan ini didirikan BJ Habibie bersama putranya, Ilham Akbar Habibie.

Pembuatan prototipe pesawat ini ditargetkan selesai dalam tiga tahun ke depan atau di 2020. Sedangkan untuk dapur pacu, N245 dilengkapi mesin Pratt & Whitney PW127. Kapasitas penumpang hingga 56 orang dan N245 melayani penerbangan jarak pendek antarkota.

Pesawat ini setelah beroperasi, lanjut Arie, akan memangkas waktu tempuh perjalanan antar kota yang lama melalui jalur darat hingga 90%. Dengan ukurannya yang lebih kecil dibandingkan Boeing dan Airbus, pesawat N245 lebih cocok untuk melayani penerbangan jarak dekat.

"Untuk dihubungkan Jember-Surabaya, Jember-Malang. Ada daerah-daerah kita mau coba Medan-Gunung Sitoli, Tanjung Bara-Balikpapan, kemudian Bali-Lombok, Kuching-Pontianak," tutur Arie.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index