Panen Raya di Pelalawan

Menpan: Kita Rabut Potensi Pasar Pertanian di Singapura dan Malaysia

Menpan: Kita Rabut Potensi Pasar Pertanian di Singapura dan Malaysia
Gubri H Arsyadjuliandi Rachman, Pj Bupati Kampar, Pangdam I BB Danrem 031 WB, Kapolda Riau dampingi Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman di Desa sei G

Riauaktual.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman targetkan rebut potensi pasar 1,5 juta ton pertanian, khususnya jagung di Malaysia dan Singapura. Menurut menteri, meski selama ini kita dikenal dengan agraria, hasil pertanian di dua negara itu justru disuplay dari negara Vietnam dan Pakistan.

"Itu pasar kita. Kita harus rebut," Mentan, di VIP Lancang Kuning Bandara Sultan Syarif Kasim II, usai menghadiri panen raya di Pelalawan, Jumat (17/2/17).

Alasan untuk merebut pangsa pasar pertanian di dua negeri jiran tersebut, mengingat jarak Riau khususnya Pelalawan lebih dekat. Kemudian potensi lahan pertanian dan perkebunan yang tersedia masih luas.

Mentan sendiri menyatakan pusat siap membantu agar ekspor pertanian jagung ke Singapura dan Malaysia. Mulai dari pengembangan bibit hingga memfasilitasi tercapainya target ekspor tersebut. Sementara untuk lahan pertanian seluas 100 hektar sendiri diupayakan pemerintah daerah.

Sementara Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyatakan sangat mendukung program Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman yang ingin menjadikan Riau swasemba pangan khususnya komuditas jagung.

Salah satu bentuk dukungan itu dengan menyiapkan lahan seluas 100 ribu hektar, diantaranya dengan memanfaatkan lahan terbuka yang bermasalah untuk diambil alih menjadi lahan pertanian jagung.

"Kita dukung program pak Presiden melalui Menteri Pertanian, bagaimana kita swasembada jagung di Riau," kata Andi Rachman (sapaan akrab Gubri), di VIP Lancang Kuning Bandara Sultan Syarif Kasim II, usai menghadiri panen raya di Pelalawan, Jumat (17/2/17).

Harapan Mentan menjadikan Riau swasembada jagung termasuk mengekspornya ke Malaysia dan Singapura sangat terbuka lebar. Terlebih dengan jarak yang tidak terlalu jauh dengan kedua negara jiran tersebut.

Terlebih sudah ada perusahaan yang sudah bersedia menampung dan akan memasarkan hasil pertanian jagung-jagung Riau khususnya di Pelalawan ke Malaysia dan Singapura.

"Ini yang di Pelalawan akan kita ekspor. Sudah ada perusahaan yang akan mengekspor ke luar negeri," ujar Andi.

Turut hadir pada kesempatan ini Pangdam I Bukit Barisan Mayjend TNI Lodewyk Pusung, Kapolda Riau Irjend TNI Zulkarnain, Danrem 031/WB Brigjend TNI Nurendi. (yai)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index