OPD Pekanbaru Siapkan Konsep Pelayanan Berbasis IT

OPD Pekanbaru Siapkan Konsep Pelayanan Berbasis IT
Plt. Kadis Kominfo, Statistik dan Persandian Firmansyah Eka Putra

Riauaktual.com - Setelah adanya pengukuhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemko Pekanbaru. Tiap-tiap OPD segera mempersiapkan program kerja kedepan. Salah satunya, di Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru.

Menurut Plt. Kadis Kominfo, Statistik dan Persandian Firmansyah Eka Putra saat dikonfirmasi awak media mengatakan, adapun agenda penting yang dilakukan yakni membuat konsep percepatan Smart City di Kota Pekanbaru. Salah satunya berupa implementasi program E-goverment berbasis IT di setiap OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru.

Hal itu dilakukan agar OPD bisa melakukan penyelengaraan pelayanan serta pengurusan melalui sistem elektronik berbasis IT.

"Makanya dari sekarang kita akan siapkan aplikasi berbasis IT, jadi kedepan pengurusan di setiap OPD akan mengunakan aplikasi dengan teknologi IT dan tidak dilakukan secara manual lagi," ungkap Eka, yang juga pernah menjabat sebagai Kabag Pembangunan ini.

Diterangkan Eka, selain itu untuk mendukung penyelengaraan percepatan Pekanbaru menuju Smart City, pihaknya akan mendorong setiap OPD agar kedepan bisa melakukan penyelengaraan administrasi berbasis IT.

"jadi kedepan penyelengaraan di setiap OPD akan mengunakan IT, sehingga semua yang menyangkut pelayanan dan pengurusan mudah dan cepat. Oleh sebab itu, marilah bersama -sama mendukung program ini sehingga berjalan sesuai dengan keinginan bersama" ungkap Eka, sebagaimana dikutip dari kominfo, hari ini.

Ditambahkan Eka, untuk percepatan pelayanan berbasis IT itu, pihaknya akan membuat Perwako sehingga setiap Kepala OPD bisa melakukannya sesuai SOP yang berlaku.

"Untuk pelayanan berbasis IT itu ada tiga kriteria diantaranya pelayanan dari Pemerintah ke Pemerintah, pelayanan dari Pemerintah ke Masyarakat serta pelayanan dari Pemerintah ke Pelaku Usaha. Jadi kedepannya semua pengurusan dan pelayanan menggunakan IT akan lebih akurat dan cepat," pungkasnya

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index