Tingkatkan Geliat Ekonomi Daerah

Riau Kembangkan Pariwisata Berbasis Budaya

Riau Kembangkan Pariwisata Berbasis Budaya
gubernur riau

Riauaktual.com - Pemerintah Provinsi Riau fokus pada peningkatan pengelolaan sektor pariwisata berbasis budaya sebagai upaya memaksimalkan pertumbuhan ekonomi daerah.

"Pertumbuhan ekonomi Riau pada 2016 lalu, menunjukkan hal yang positif yaitu sebesar 2,23 persen. Pertumbuhan ini telah didukung dari sektor pariwisata berbasis budaya yang tengah dikembangkan oleh pemerintah Provinsi Riau," kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru, Kamis, sebagaimana dikutip dari Antarariau.

Destinasi wisata berbasis budaya ini, lanjutnya, telah berhasil meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Provinsi Riau.

"Mulanya memang sedikit aneh, Riau kok dijadikan pariwisata, namun ternyata setelah digali potensi pariwisata Riau berbasis budaya itu sangat banyak sekali," paparnya.

Dan untuk 2017, lanjutnya, Riau tetap optimis dapat kembali meningkatkan pertumbuhan ekonominya secara terus menerus.

"Untuk mewujudkan harapan itu, tentu perlu kerjasama dan kekompakan semua pihak untuk bersama-sama menjadikan pembangunan di Riau menjadi lebih baik dan lebih baik lagi," ujarnya.

Ia menjelaskan selain sektor pariwisata, Pemerintah Provinsi Riau juga berupaya mendongkrak pertumbuhan ekonomi melalui sektor perikanan dan pertanian.

"Sebelumnya pertumbuhan ekonomi Riau sangat dipengaruhi dan didukung oleh sektor Migas dan Perkebunan," jelasnya.

Namun, katanya seperti dimuat Antarariau, untuk sekarang ini sektor-sektor itu tidak lagi dapat diandalkan karena menurunnya tingkat produksi Migas, menurunnya harga minyak dunia serta menurunnya harga komoditas unggulan berupa sawit dan karet.

Oleh sebab itu, kedepan dana APBD yang sebelumnya banyak diarahkan ke sektor Migas dan perkebunan, saat ini sudah mulai dikurangi.

"Fokusnya saat ini tidak lagi mengadakan pembinaan maupun pelatihan bagaimana untuk memanen sawit atau bidang perkebunan lainnya, melainkan lebih diarahkan ke pengelolaan daerah pesisir serta infrastruktur destinasi pariwisata," katanya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index