Rekrut Naker tak Melapor

Disnakertrans Dumai Panggil PT. ESM

Disnakertrans Dumai Panggil PT. ESM
Kadisnakertrans Dumai Drs H Amiruddin MM MBA sedang membahas permasalah rekrut naker dengan HRD PT ESM, Arif di ruang kerjanya

Riauaktual.com - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Dumai telah memanggil HRD PT. Energi Sejahtera Mas (ESM) ke Kantor Disnakertrans Kota Dumai di Jalan Kesehatan Dumai Timur. Pemanggilan pihak PT. ESM, terkait dugaan telah melakukan rekrut tenaga kerja (naker) yang tidak melapor ke Disnakertrans Kota Dumai.

Kepala Disnakertrans Dumai Drs.H. Amiruddin,MM.MBA yang didampingi Kabid Pelatihan dan Penepatan Kerja Disnakertrasn Dumai Irwan mempertanyakan kebenaran adanya melakukan rekrut tenaga kerja yang dilakukan pihak PT ESM pada tahun 2017 yang tidak dilaporkan ke Disnakertrans Kota Dumai.

"Apa betul ada PT. EMS sudah melakukan rekrut naker. Kalau ada, kenapa sejauh ini kami tidak ada menerima laporan dari pihak perusahaan. Kenapa tidak mengumumkan secara terbuka kepada masyarakat di papan pengumuman di kantor Disnakertrans Kota Dumai biar para pencari kerja tahu adanya lowongan pekerjaaan di PT ESM," tanya Amiruddin kepada Arif selaku HRD PT.ESM di ruang kerjanya, Kamis (16/2).

Lanjut Kadisnakertrans, Managemen PT. ESM dalam rapat bersama Disnakertrans Kota Dumai pada bulan Desember 2016 lalu, sudah berjanji akan melakukan rekrut Naker sesuai ketentuan yang berlaku. "PT. ESM sudah berjanji dan komitmen untuk mematuhi ketentuan rekrut naker di perusahaan," ujarnya.

Namun Arif selaku HRD PT. EMS menyangkal adanya melakukan rekrut Naker baru. Dia mengatakan pihaknya belum ada melakukan rekrutmen tenaga kerja (Naker) baru tahun 2017. Menurutnya, informasi yang diterima oleh pencari kerja dari beberapa media online itu adalah informasi rekrutmen yang sudah dilakukan PT ESM beberapa tahun lalu.

"Tahun 2017 ini kami belum ada melakukan rekrutmen Naker. Informasi yang diterima para pencari kerja dari beberapa media onlien itu, bisa jadi informasi yang sudah lama. Untuk tahun ini kami memang belum ada sama sekali melakukan rekrut tenag kerja. Sebelumnya memang kami ada sampaikan akan melakukan rekrut Naker pada bulan Februari ini, namun berhubung projek pengerjaan industri belum selesai, maka rekrut Naker ditunda. Rencana rekrutmen Naker baru akan dimulai pada bulan Maret 2017, setelah projek pengerja industri selesai," terangya.

Kadisnakertrans minta pihak PT. ESM tetap komitmen dan tidak mungkir janji atas kesepakatan yang telah dibuat. Selain itu, setiap melakukan rekrut Naker harus melaporkan ke Disnakertrans Dumai dan mengumunkan secara terbuka sehingga masyarakat khususnya para pencari kerja di Kota Dumai mengetahui adanya lowongan pekerja di PT ESM. (rel)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index