TPS 18 Limbungan Baru Ciptakan Demokrasi Emansipasi Wanita

TPS 18 Limbungan Baru Ciptakan Demokrasi Emansipasi Wanita
Camat Rumbai Pesisir dan Kapolsek Rumbai Pesisir foto bersama petugas TPS 18, saat melaksanakan kunjungan.

Riauaktual.com - Emansipasi perempuan dalam berdemokrasi memang sudah mulai ditunjukan. Hal ini sudah dibuktikan oleh para perempuan yang berseragam melayu di TPS 18, RT 04, RW 06, Kelurahan Limbungan Baru, Kecamatan Rumbai Pesisir.

Meski Inovasi yang dilakukan oleh para perempuan ini bukan hal yang baru. Namun, kreatifitas yang rata-rata dilakoni para ibu rumah tangga ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Ketua PKK Kecamatan Rumbai Pesisir, Iis Hermawati SSTP MSi, saat mendampingi Camat Rumbai Pesisir, Yuliarso SSTP MSi meninjau TPS 18, Rabu (15/2) siang.

Menurut Iis, emansipasi perempuan di TPS 18 ini menunjukan bahwa minat untuk berdemokrasi itu sangat luar biasa. Yang mana, lanjut Iis,  mereka sudah menganggap penting bawah demokrasi itu adalah bagian dari hidup kita.

Selain itu kata Iis, kegiatan ini juga menunjukan antusiasme dan partisipasi yang luar biasa dari masyarakat. Buktinya, sejak awal persiapan hingga berlangsungnya pesta demokrasi ini sepenuhnya dukungan dari swadaya masyarakat.

Iis berharap, inovasi ini juga bisa menjadi penarik minat masyarakat untuk datang ke TPS menggunakan hak pilih suara mereka.

Salah seorang penggagas, yang juga sebagai Ketua RT RT 04, RW 06 Kelurahan Limbungan Baru, Kecamatan Rumbai Pesisir, Wiji Lestari saat dikonfirmasi menjelaskan, ide yang diaplikasikanya ini untuk membuktikan bahwa perempuan juga memiliki power dan kemampuan yang sama seperti lelaki.

"Karena, selama ini perempuan dianggap belum maju, dan laki laki dinilai memiliki power yang lebih. Tapi kali ini, kami ingin membuktikan bahwa ditempat kami ini perempuan juga bisa memiliki power seperti laki laki untuk bisa lebih maju. Tetapi kami tidak akan menyalahi kodrad kami sebagai perempuan," ugkap Wiji. (dr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index