Pakar Medsos : baca judul berita langsung sebar sangat berbahaya

Pakar Medsos : baca judul berita langsung sebar sangat berbahaya
ilustrasi

Riauaktual.com - Pakar media sosial, Nukman Luthfie mengungkapkan keprihatinan terkait cara masyarakat dalam membagikan dan membaca berita. Menurutnya, kondisi saat ini sangat berbahaya karena masyarakat berani menyebar berita hanya setelah membaca judulnya saja.

"Masyarakat sekarang hanya melihat judul tanpa membaca langsung disebarkan, jadi sekarang ini sudah ada perubahan atau shifting dari clickbait menjadi sharebait. Nah, ini bahaya sekali. Tidak tahu beritanya apa, lihat judul langsung share," di gedung DPR, Jakarta hari ini, sebagaimana dikutip dari rimanews.

Menurutnya, masyarakat saat ini semakin sedikit yang mengkonsumsi berita dari media-media mainstream seperti televisi, radio, koran, atau majalah.

"Karena masyarakat menginginkan berita yang cepat dengan menganaktirikan sebuah akurasi bahkan kebenaran. Tapi tidak bisa diapa-apakan, karena adalah sebuah kehendak zaman," jelasnya.

Akan tetapi, yang dia sesalkan adalah masyarakat masih kesulitan membedakan mana berita palsu atau hoax dengan yang asli, bahkan kalangan pelajar sekalipun.

''Kemudian kebanyakan rekan-rekan pelajar itu masih tidak bisa membedakan mana berita palsu dengan berita yang asli,” katanya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index